Friday, September 23, 2022
HomeBlog MiliterReferensiImplementasi Nilai Dasar Pancasila Dalam Hidup Bermasyarakat

Implementasi Nilai Dasar Pancasila Dalam Hidup Bermasyarakat

Selain kewajiban asasi, ada juga yang disebut kewajiban sosial yang merupakan keharusan manusia menghormati berbagai batasan kebebasan mereka sebagai makhluk sosial yang mesti hidup bermasyarakat, berbangsa serta bernegara. Berbagai batasan kebebasan sosial tersebut antara lain adalah norma hukum, adat istiadat serta sopan santun yang berlaku dalam masyarakat serta telah disepakati bersama sebelumnya.

Dengan melaksanakan kewajiban asasi dan sosial, maka manusia bisa dikatakan bersikap adil. Karena keadilan menuntut manusia untuk menyadari bahwa apa yang mereka tuntut sebagai hak pada prinsipnya mesti mereka akui sebagai hak orang lain juga.

BACA JUGA :  Indonesia Siapkan "Rumah" Baru, Untuk Kapal Selam Baru

Nilai Dasar Pancasila Sila Persatuan Indonesia

Nilai dasar Pancasila ketiga ini merupakan bentuk wujud nyata dari paham kebangsaan Indonesia yang mengatasi paham individu, golongan, maupun suku bangsa dan mendahulukan [persatuan kesatuan bangsa demi mencegah perpecahan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

75-oposisi-tuduh-pasukan-pemerintah-suriah-langgar-gencatan-senjata

Perang Suriah: Oposisi Tuduh Pemerintah Langgar Gencatan Senjata

0
Hobbymiliter.com - Oposisi Suriah mengatakan bahwa pihaknya sedang diserang habis-habisan oleh pasukan pemerintah Bashar al-Assad dekat perbatasan Turki. Padahal, perjanjian gencatan senjata masih berlangsung. Pihak...

Recent Comments