Friday, April 19, 2024
HomeBlog MiliterReferensiPengertian dan Makna Wawasan Kebangsaan

Pengertian dan Makna Wawasan Kebangsaan

Pengertian dan Makna Wawasan Kebangsaan – HobbyMiliter.com – Sebagai konsepsi politik dan kenegaraan hasil manifestasi pemikiran politik bangsa Indonesia, wawasan kebangsaan mesti dimiliki bangsa Indonesia. Secara konseptual, Indonesia sebagai satu kesatuan negara kepulauan menuangkan geopolitiknya dalam doktrin nasional, Wawasan Nusantara dan politik luar negeri bebas aktif. Sementara perwujudan geostrategi Indonesia adalah lewat konsep Ketahanan Nasional yang tumbuh dalam wujud kesatuan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya serta pertahanan keamanan.

Pengertian Wawasan Kebangsaan

Wawasan kebangsaan terdiri dari dua suku kata, Wawasan dan Kebangsaan. Secara etimologis, Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI mengartikan wawasan sebagai hasil tinjauan, pandangan dan mewawas, dan juga sebagai konsepsi cara pandang. Sementara kebangsaan diartikan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI sebagai ciri-ciri penanda golongan bangsa atau perihal bangsa atau yang memiliki pertalian dengan bangsa atau kesadaran diri sebagai warga suatu negara.

BACA JUGA :  Bell Helicopters Perkenalkan V-247 Vigilant, Drone Tiltrotor Bersenjata Untuk Marinir AS

Dapat disimpulkan wawasan kebangsaan mengandung makna sebagai konsepsi cara pandang yang dilandasi kesadaran diri sebagai warga suatu negara akan diri serta lingkungan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hampir serupa dengan pengertian wawasan kebangsaan menurut Prof. Muladi selaku Gubernur Lemhanas Republik Indonesia yang mengartikannya sebagai cara pandang bangsa Indonesia akan diri dan lingkungan dengan mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara.

Integrasi atau kesatuan nasional tersebut bukan cuma bernuansa struktural yang mengandung satu kesatuan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, serta pertahanan dan keamanan, namun juga bersifat kultural.

BACA JUGA :  Kapal Induk Beijing Akan Berpatroli Di Laut Cina Selatan

Selain itu wawasan kebangsaan juga mengandung semangat persatuan dan komitmen demi menjamin keberadaan dan peningkatan kualitas kehidupan bangsa serta semangat menginginkan pengetahuan yang layak dan memadai mengenai tantangan masa kini dan juga masa mendatang serta berbagai potensi bangsa.

Asas wawasan kebangsaan merupakan berbagai ketentuan dasar yang harus dipelihara, dipatuhi, ditaati serta diciptakan agar terwujudnya ketaatan dan kesetiaan komponen atau unsur pembentuk bangsa Indonesia, dalam hal ini suku atau golongan, terhadap kesepakatan atau komitmen bersama. Dengan begitu asas wawasan kebangsaan antara lain adalah kepentingan atau tujuan yang sama, solidaritas, keadilan, kerjasama, kejujuran, serta kesetiaan pada kesepakatan yang telah disepakati.

BACA JUGA :  Ciri-Ciri Orde Baru Di Era Presiden Soeharto

Makna Wawasan Kebangsaan

Makna wawasan kebangsaan bagi bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:
Wawasan kebangsaan memberikan amanat bagi seluruh bangsa agar mereka menempatkan kesatuan, persatuan serta keselamatan dan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi maupun golongan atau kelompok.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Sukhoi SU35 Akhirnya Dibeli TNI

Kontrak Pembelian Jet Tempur Sukhoi SU35 Flanker E Resmi Ditandatangani

0
HobbyMiliter.com - Kontrak Pembelian Jet Tempur Sukhoi SU35 Resmi Ditandatangani. Kontrak pembelian pesawat jet tempur multi-peran Sukhoi SU35 Flanker E resmi ditandatangani oleh pemerintah Indonesia. Kabar...

Recent Comments