Wednesday, November 30, 2022
HomeBlog MiliterReferensiNilai-nilai Pancasila Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Nilai-nilai Pancasila Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Nilai-nilai Pancasila Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan – HobbyMiliter.com – Pembaca sudah tahu belum nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan? Nilai-nilai tersebut pasti pernah pembaca pelajari saat sekolah dulu bukan? Nah, kamu masih ingat tidak? Berikut beberapa nilai tersebut biar kamu bisa mengingatnya lagi.

Nilai-nilai Pancasila Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Sebelum membahas detail nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan, maka perlu tahu tiga nilai utama kelima sila Pancasila yang merupakan landasan hidup bangsa Indonesia, yaitu:

  • Nilai Spiritual

Nilai spiritual Pancasila tercantum di sila pertama yang mengandung makna bahwa Pancasila mengandung nilai ketakwaan serta keimanan terhadap Tuhan YME. Nilai ini begitu penting hingga menjadi landasan seluruh nilai dari falsafah negara. Implementasi dari nilai sila pertama Pancasila ini terlihat dari berbagai bentuk kewajiban serta larangan yang mesti dipatuhi masing-masing pemeluk agama serta kepercayaan terhadap Tuhan YME.

  • Nilai Kultural
BACA JUGA :  Contoh Kasus Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Beserta Penyebab Dan Solusi

Makna nilai kultural dari Pancasila adalah bahwa Pancasila merupakan pandangan hidup bernegara, landasan falsafah negara, serta dasar negara yang terbentuk dari kebudayaan beserta nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya. Nilai kultural ini mencantumkan bahwa bangsa Indonesia sejak dulu merupakan bangsa saling tolong menolong, beradab, selalu gotong royong di semua bidang, serta menerapkan musyawarah buat mufakat.

  • Nilai Institusional

Makna nilai institusional Pancasila adalah bahwa Pancasila merupakan landasan utama buat mencapai ide atau gagasan, cita-cita serta tujuan bernegara. Cita-cita dan tujuan negara Indonesia sendiri tercantum di alinea 4 Pembukaan undang-undang Dasar 1945, yaitu:

  • Memajukan kesejahteraan umum.
  • Mencerdaskan kehidupan bangsa.
  • Melindungi segenap bangsa Indonesia beserta seluruh tumpah darah Indonesia.
  • Ikut serta dalam menjaga serta mempertahankan ketertiban dunia.
BACA JUGA :  Foto Foto Rudal Buk-2E, Sistem Hanud Ampuh Buatan Russia

Cita-cita serta tujuan bernegara di atas secara institusional bisa tercapai dengan persatuan dan kesatuan Indonesia, ditambah nilai kemanusiaan yang adil dan beradab, dengan ciri khas kerja keras serta semangat membangun.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Mari Mengheningkan Cipta untuk Prajurit TNI yang Gugur di Poso

0
Hobbymiliter.com - Operasi Tinombala dalam misi menangkap kawanan Santoso di Poso telah menelan belasan prajurit TNI yang bertugas. 13 anggota TNI gugur bukan karena...

Recent Comments