Kapal Induk AS dan Tiongkok Berpotensi Bentrok di Pasifik Barat

0
4298
13-kapal-induk-as-dan-tiongkok-berpotensi-bentrok
CV-16 Liaoning (kiri), dan USS Carl Vinson (kanan). Sumber: Wikimedia

Hobbymiliter.com – Kapal induk Amerika Serikat dan Tiongkok kemungkinan akan saling berpapasan satu sama lain di perairan Pasifik Barat akhir bulan ini. Para pengamat pun mengkhawatirkan naiknya tensi antar militer kedua negara.

Surat kabar corong pemerintah Tiongkok, Global Times, mengutip pernyataan seorang pakar militer yang memperkirakan bahwa kapal induk US Navy, Kapal Induk AS USS Carl Vinson akan tiba di perairan Pasifik Barat sekitar tanggal 20 Januari mendatang. Di saat bersamaan, kapal induk PLAN, Liaoning juga akan mengitari area yang sama.

BACA JUGA :  Pudarnya AK-2000P, Senapan Serbu "Kalashnikov" Versi Cina

Pentagon ditengarai memilih jadwal sensitif tersebut demi memberi “peringatan” kepada Tiongkok. Diketahui, pada tanggal yang sama, Presiden Amerika Serikat terpilih, Donald Trump akan resmi dilantik.

Kantor berita Central News Agency di Taipei melaporkan bahwa Liaoning kemungkinan besar akan melewati Selat Taiwan antara tanggal 5 – 15 Januari, persis ketika Presiden Tsai Ing-wen melakukan kunjungan kenegaraan ke Amerika Tengah.

Selasa (3 Januari) yang lalu, US Navy mengumumkan bahwa regu tempur Kapal Induk AS USS Carl Vinson akan bertolak dari San Diego, California pada akhir pekan ini. Kapal induk Carl Vinson akan menggantikan peran USS Ronald Reagan yang dijadwalkan untuk kembali ke Amerika Serikat demi menjalani perawatan berkala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here