Friday, April 19, 2024
HomeKapal Induk AS dan Tiongkok Berpotensi Bentrok di Pasifik Barat

Kapal Induk AS dan Tiongkok Berpotensi Bentrok di Pasifik Barat

Hobbymiliter.com – Kapal induk Amerika Serikat dan Tiongkok kemungkinan akan saling berpapasan satu sama lain di perairan Pasifik Barat akhir bulan ini. Para pengamat pun mengkhawatirkan naiknya tensi antar militer kedua negara.

Surat kabar corong pemerintah Tiongkok, Global Times, mengutip pernyataan seorang pakar militer yang memperkirakan bahwa kapal induk US Navy, Kapal Induk AS USS Carl Vinson akan tiba di perairan Pasifik Barat sekitar tanggal 20 Januari mendatang. Di saat bersamaan, kapal induk PLAN, Liaoning juga akan mengitari area yang sama.

BACA JUGA :  Pemberontak Houthi Tembakkan Rudal Ke Basis Militer Arab Saudi

Pentagon ditengarai memilih jadwal sensitif tersebut demi memberi “peringatan” kepada Tiongkok. Diketahui, pada tanggal yang sama, Presiden Amerika Serikat terpilih, Donald Trump akan resmi dilantik.

Kantor berita Central News Agency di Taipei melaporkan bahwa Liaoning kemungkinan besar akan melewati Selat Taiwan antara tanggal 5 – 15 Januari, persis ketika Presiden Tsai Ing-wen melakukan kunjungan kenegaraan ke Amerika Tengah.

Selasa (3 Januari) yang lalu, US Navy mengumumkan bahwa regu tempur Kapal Induk AS USS Carl Vinson akan bertolak dari San Diego, California pada akhir pekan ini. Kapal induk Carl Vinson akan menggantikan peran USS Ronald Reagan yang dijadwalkan untuk kembali ke Amerika Serikat demi menjalani perawatan berkala.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pangab Pakistan With SS2V7

Kunjungan Panglima Angkatan Bersenjata Pakistan ke PT. PINDAD (Persero)

0
Hari Rabu, 21 September 2016 merupakan hari yang spesial bagi PT. PINDAD (Persero). Pasalnya, PT. PINDAD kembali kedatangan tamu jauh. Kali ini giliran Panglima...

Recent Comments