Friday, August 7, 2020
Home Blog Militer Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu

Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu

Foto Foto Langka Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu – HobbyMiliter.com. Di era tahun 1960-an, dalam rangka persiapan perang Trikora, pemerintah Indonesia melakukan pembelian kapal kapal perang dari berbagai negara. Antara lain Korvet dan Fregat yang dibeli baru gress dari Italia, Kapal Cepat Torpedo yang dibeli dari Jerman Barat, kapal kapal pendarat amfibi yang akan menjadi kekuatan utama pendaratan pasukan di Irian yang dibeli dari Amerika Serikat, kapal kapal patroli pantai yang juga dibeli dari Amerika Serikat dan segerombolan besar kapal perang dari Uni Soviet yang sebagian dibeli dalam kondisi bekas pakai.

Semuanya tentu saja dibeli dengan metode hutang antar negara karena kondisi keuangan Indonesia yang sedang minim, mengingat masih negara baru dan baru saja survive dari berbagai pemberontakan di era 50-an yang menguras biaya. Akibatnya, pada tahun 60-an pun rakyat dikisahkan sampai harus antri bulgur, makanan yang lebih murah dari beras. Entah bagaimana bentuknya, ayahanda penulis yang pernah merasakan antri bulgur tidak pernah memfotonya. Maklum, kamera waktu itu hanya dimiliki oleh kaum yang sangat amat kaya raya.

Foto foto berikut merupakan foto dokumentasi sebuah latihan militer yang melibatkan kapal kapal perang Angkatan Laut Republik Indonesia di tahun 1971. Di tahun 1971 ini, yang merupakan era awal awal pemerintahan Presiden Suharto dengan Orde Barunya, ternyata alutsista buatan Soviet masih bisa digunakan. Tampak dalam dokumentasi berbagai kapal perang buatan Soviet berperan dalam manuver manuver di tengah laut dalam latihan ini.

BACA JUGA :  Latihan Militer CARAT 2019 Dimulai, Kapal-Kapal Militer AS Berdatangan Ke Pulau Jawa

Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu. KCR kelas Komar.
Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu – KCR kelas Komar.

Foto pertama merupakan Kapal Cepat Rudal kelas Komar. Dibanding dengan KCR jaman now, seperti KCR 40M maupun KCR 60M, jelas KCR Komar memiliki kecepatan ‘yang sesungguhnya’. Dengan lunas dan body yang terbuat dari kayu, KCR kelas Komar mampu dikebut hingga 44 Knot. Bandingkan dengan KCR 60M yang hanya bisa maksimal 28 Knot saja. 

Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu - KCR kelas Komar.
Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu – KCR kelas Komar.

Di ALRI, kapal cepat rudal ini dikenal sebagai kelas Kelap Lintah, dengan kapal pertama dinamai RI Kelap Lintah. Pemerintah Indonesia membeli 12 kapal cepat rudal ini, dengan 6 kapal terbuat dari kayu dan 6 kapal terbuat dari metal. 1 kapal, KRI Hardadedali tenggelam pada tahun 1976 karena menabrak debris sampah laut ketika sedang melakukan high speed run.

Walaupun terbuat dari kayu, kapal cepat rudal kelas Komar ini mempunyai senjata yang mematikan, sepasang rudal anti kapal Styx. Di masa itu, hanya kapal ini yang memiliki senjata rudal. Sedangkan kapal kapal lainnya di armada ALRI masih bersenjata meriam saja.

BACA JUGA :  PKR Disebut Karya Anak Bangsa, Ternyata PT PAL Hanya Sebagai Subkon Dengan Jatah Pekerjaan Senilai 4,3% Saja

Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu - Kapal Selam Kelas Whiskey
Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu – Kapal Selam Kelas Whiskey

Dalam latihan perang laut ini, turut serta kapal selam kelas Whiskey. Kapal selam ini merupakan kapal selam diesel elektrik operasional pertama ALRI. Pemerintah Indonesia membeli 12 unit kapal selam jenis ini yang di Indonesia dinamakan sebagai kapal selam kelas Tjakra. Tampak diatas kapal selam kelas Whiskey ini, sebuah helikopter Penerbal dari jenis Mil Mi-4 sedang melakukan peran Anti Kapal Selam.

Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu - Fregat Kelas Riga dan Kapal Selam Kelas Whiskey
Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu – Fregat Kelas Riga dan Kapal Selam Kelas Whiskey

2 buah KCR kelas Komar sedang melintas di depan haluan fregat kelas Riga. Pemerintah Indonesia membeli 8 unit kapal jenis ini. Kapal ini di lingkungan ALRI dikenal sebagai kapal perang kelas Jos Sudarso. Kapal ini dilengkapi dengan 3 unit meriam 100mm, 2 unit meriam 37mm 2 laras, 2 unit meriam 25mm 2 laras dan 2 peluncur roket anti kapal selam RBU 600.

Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu - Fregat Kelas Riga KRI Lambung Mangkurat 357
Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu – Fregat Kelas Riga KRI Lambung Mangkurat 357

Tampak Fregat kelas Riga bernama KRI Lambung Mangkurat 357 sedang melakukan manuver. Untuk melakukan operasi anti kapal selam, kapal fregat kelas Riga ini dibekali oleh sebuah peluncur torpedo 2 tabung. Di Indonesia, kapal perang terakhir dari kelas Riga ini pensiun pada tahun 1986. Tahun dimana kapal kapal perang jenis fregat kelas Ahmad Yani (Van Speijk) mulai masuk ke dalam armada TNI AL.

Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu - KCR kelas Komar.
Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu – KCR kelas Komar.

Foto ini merupakan foto konvoi dari 1 eskader kapal cepat rudal kelas Komar. Konvoi ini terdiri dari 6 kapal perang. Dengan rudal Styxnya, kapal perang kecil ini dapat menenggelamkan kapal kapal perang besar, karena pada masa itu, pertahanan udara kapal perang masih menggunakan sistem manual.

BACA JUGA :  Pusat Informasi Data Hidrografi Canggih Milik TNI AL Mendapat Pengakuan Global

Belum secanggih seperti saat ini. Hanya saja, karena ukuran kapalnya yang kecil, bahan bakar yang dibawanya pun sangat terbatas. Ditambah dengan mesin performa tingginya yang haus bahan bakar, membuat kapal ini mempunyai kelemahan mendasar: jarak tempuh dan waktu operasi yang sangat terbatas. Jika digeber 32 Knot, maksimal bisa menempuh jarak 1000 Km saja. Dan jika digeber 100% di 44 Knot, maka diatas kertas hanya bisa sekitar 400-500 Km saja. Itu pun jika mesin tidak terbakar duluan.

Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu - Fregat Kelas Riga KRI Lambung Mangkurat 357
Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu – Fregat Kelas Riga KRI Lambung Mangkurat 357

KRI Lambung Mangkurat melintas di sebelah kapal perang jenis fregat dari kelas Riga yang lain. Kapal tempat fotografer berdiri tidak terindentifikasi. Meriam anti serangan udara 37mm 2 laras merupakan salah satu senjata yang terpasang di fregat kelas Riga yang dibeli oleh ALRI kala itu.

Demikianlah Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu. Untuk foto foto langka KRI Irian, salah satu kapal kombatan terbesar TNI AL dahulu, bisa klik disini.

 

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Beli Ngeteng, Cara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF - HobbyMiliter.com. Dalam diskusi diskusi di forum forum militer online maupun di grup grup militer di Facebook,...

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia - HobbyMiliter.com - Meski telah jutaan tahun membalut Bumi, belum seluruh bagian atmosfer bisa...

Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an - HobbyMiliter.com. Perang Soviet di Afghanistan berlangsung selama lebih dari sembilan tahun....

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet - HobbyMiliter.com. Pada saat persiapan operasi Trikora dalam rangka perebutan Irian Barat (sekarang Provinsi...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua