Thursday, April 8, 2021
Home Korea Utara Luncurkan Video Ujicoba Misil Kapal Selam

Korea Utara Luncurkan Video Ujicoba Misil Kapal Selam

Hobbymiliter.com – Korea Utara baru saja merilis sebuah rekaman video yang diklaim menunjukkan sebuah pengujian rudal balistik kapal selam (submarine-launched ballistic missile) atau SLBM, tiga hari selang pengumuman ujicoba bom hidrogen pertama mereka.

Namun, media Korea Selatan mengatakan rekaman yang disebarluaskan oleh Korean Central TV milik pemerintah Kim Jong-Un tersebut merupakan karangan belaka. Rekaman ini diduga merupakan rekayasa yang disusun dari video ujicoba SLBM Korut untuk ketiga yang dilakukan di Laut Jepang sebulan silam. Selain itu, media Korsel juga menduga rekaman ujicoba misil balistik pada tahun 2014 kemarin ikut disertakan dalam video tersebut.

BACA JUGA :  TNI AL Resmi Beli Sistem CIWS Buatan Tiongkok Untuk Kapal Korvet Kelas Pattimura

12-korea-utara-luncurkan-rekaman-ujicoba-misil-kapal-selam
Rekaman peluncuran misil kapal selam (SLBM) yang disebarluaskan TV Korea Utara.

Korean Central TV memang tidak menunjukkan informasi kapan tepatnya video tersebut direkam. Terlihat Kim Jong-Un yang sedang berada di atas kapal armada laut dengan mengenakan pakaian musim dingin dan topi fedora, menyaksikan misil yang sedang diluncurkan secara vertikal dari dalam air menuju ke udara.

Video tersebut kemudian dipotong dan tiba-tiba menunjukkan sebuah roket yang melintas ke atas awan, sebagai tanda bahwa misil tersebut sukses menjangkau ketinggian sedemikian rupa. Namun media Korsel mengklaim bahwa gambar roket yang sedang melaju melintasi awan tersebut nyatanya adalah rekaman yang diambil dari ujicoba misil SCUD pada tahun 2014 silam.

BACA JUGA :  Pemerintah Indonesia Barter Sumber Daya Alam dengan Sukhoi Rusia?

Mei kemarin, Korea Utama mengumumkan bahwa ujicoba SLBM pertama mereka berjalan sukses. Untuk memperkuat klaimnya, Korut menambahkan rekaman Kim yang menunjuk arah misil yang meluncur keluar dari air dengan kemiringan 45 derajat.

Ujicoba misil SLBM kedua kemudian dilakukan pada pelabuhan tenggara Wonsan di bulan November kemarin. Namun ujicoba ini nampaknya gagal karena hanya memperlihatkan puing-puing dari misil yang mengapung di lautan.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.com Simak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Rudal Tomahawk Generasi Kelima, Apa Istimewanya?

HobbyMiliter.com - Pada tanggal 30 November 2020, Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy,red) dikabarkan telah berhasil melaksanakan ujicoba peluncuran rudal jelajah Tomahawk varian terbaru...

Purwarupa MPF Medium Tank AS Masuki Tahap Ujicoba Pasukan

HobbyMiliter.com – Purwarupa kendaraan tempur medium tank MPF atau Mobile Protected Firepower dari dua pabrikan kendaraan tempur yang sedang bersaing untuk memenangkan kontrak pengadaan...

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis- Hobbymiliter.com. SMX-31 adalah suatu konsep kapal selam masa depan dari negeri Baguette. Konsep ini adalah unik karena memperkenalkan...

STRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

Sejarah STRIL, Sistem Koordinasi & datalink AU Swedia- Hobbymiliter.com.  Bahwa Swedia terkenal sebagai salah satu negara di semenanjung Skandinavia yang bersifat independen atau dalam...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua