Wednesday, June 19, 2024
HomeMiliterAlutsistaSMX-31, kapal selam masa depan Prancis

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis- Hobbymiliter.com. SMX-31 adalah suatu konsep kapal selam masa depan dari negeri Baguette. Konsep ini adalah unik karena memperkenalkan fundamental baru dalam perang bawah air di masa depan.

Dalam artikel ini akan sedikit dibahas mengenai SMX-31 dan fitur-fiturnya.

SMX-31, Memandang masa depan

Bahwa sebelum masa kapal selam masa depan Prancis ini, perkembangan untuk zona pertempuran bawah air ya relatif “dinamis”. Mulai dari pasca perang dunia kedua dimana U-boat Type 21 menjadi trend-setter desain kapal selam di dunia, lalu AGSS Albacore yang mempelopori kembalinya bentuk Tear drop untuk kapal selam.

BACA JUGA :  Kapal Selam Kelas Yasen-M Unit Ketiga Jalani Uji Coba Pelayaran

Pionir lain adalah USS Nautilus dengan propulsi nuklirnya lalu USS Skipjack. Namun untuk kapal selam diesel elektrik kita kenal U-Boat Type-17 dengan mesin Walter yang memungkinkannya beroperasi didalam air tanpa oksigen.

Prancis sendiri adalah salah satu negara pengembang kapal selam diesel-elektrik yang sudah malang melintang di dunia. Salah satu kapal selam buatan mereka adalah Surcouf yang memiliki meriam terbesar yang pernah dipakai di kapal selam.

 Filosofi dan fitur.

Sebagai konsep kapal selam masa depan, Naval Group merumuskan 3 prinsip utama yaitu “Strong-Stealth-Smart”. dengan berbagai fitur baru seperti pada illustrasi berikut :

BACA JUGA :  KRI Nanggala 402 Berlabuh di Sorong
Stealthy-strong-Smart
Stealthy-Strong-Smart

Stealthy-Strong-Smart untuk SMX-31

Dari penampilan luar saja kita bisa melihat bahwa kapal selam ini adalah sangat berbeda daripada bentuk kapal selam konvensional yang kita kenal. Umumnya kapal selam dewasa ini bentuknya adalah silinder.

SMX-31 menganut bentuk yang disebut dengan “lifting body” dimana badan kapal selam ini dibentuk menyerupai airfoil atau sayap. Dengan bentuk semacam ini, daya apung kapal selam bukan hanya diatur dengan volume tangki ballastnya melainkan juga dihasilkan secara aktif dari pergerakan kapal selam.

BACA JUGA :  JMSDF Resmikan Operasional Kapal Selam Pertama Dari Kelas Taigei

Bentuk lifting body pada SMX-31 sendiri juga dirumuskan untuk memenuhi kaidah “Stealthy” Dimana ya bentuk tersebut dapat membantu “kesenyapan” kapal selam.

Fitur lain yang menarik adalah tidak adanya struktur conning tower. ketidak adaan conning tower. Fungsi conning tower untuk sensor permukaan, digantikan oleh UAV Buoy.

Dhimas Afihandarin
Dhimas Afihandarinhttp://stealthflanker.deviantart.com
Pecinta militer, terutama yang berkaitan dengan topik Pertempuran elektronika dan desain alutsista.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

SAUDI-YEMEN-CONFLICT

Arab Saudi Berhasil Cegah Rudal Dari Yaman Menuju Kota Suci Mekkah

2
Hobbymiliter.com - Militan Houthi di Yaman pada hari Kamis, 27 Oktober 2016 menembakkan sebuah rudal balistik menuju kota suci Mekkah, namun berhasil ditangkis oleh...

Recent Comments