Tuesday, March 19, 2024
HomeMiliterAlutsistaSMX-31, kapal selam masa depan Prancis

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis- Hobbymiliter.com. SMX-31 adalah suatu konsep kapal selam masa depan dari negeri Baguette. Konsep ini adalah unik karena memperkenalkan fundamental baru dalam perang bawah air di masa depan.

Dalam artikel ini akan sedikit dibahas mengenai SMX-31 dan fitur-fiturnya.

SMX-31, Memandang masa depan

Bahwa sebelum masa kapal selam masa depan Prancis ini, perkembangan untuk zona pertempuran bawah air ya relatif “dinamis”. Mulai dari pasca perang dunia kedua dimana U-boat Type 21 menjadi trend-setter desain kapal selam di dunia, lalu AGSS Albacore yang mempelopori kembalinya bentuk Tear drop untuk kapal selam.

BACA JUGA :  Mengintip Drone Militer Terbaru Rusia, Punya Roket Anti-Tank dan Penyembur Api

Pionir lain adalah USS Nautilus dengan propulsi nuklirnya lalu USS Skipjack. Namun untuk kapal selam diesel elektrik kita kenal U-Boat Type-17 dengan mesin Walter yang memungkinkannya beroperasi didalam air tanpa oksigen.

Prancis sendiri adalah salah satu negara pengembang kapal selam diesel-elektrik yang sudah malang melintang di dunia. Salah satu kapal selam buatan mereka adalah Surcouf yang memiliki meriam terbesar yang pernah dipakai di kapal selam.

 Filosofi dan fitur.

Sebagai konsep kapal selam masa depan, Naval Group merumuskan 3 prinsip utama yaitu “Strong-Stealth-Smart”. dengan berbagai fitur baru seperti pada illustrasi berikut :

BACA JUGA :  Turki Luncurkan TCG Hizir Reis, Kapal Selam Type-214TN AIP Reis-class Unit Kedua
Stealthy-strong-Smart
Stealthy-Strong-Smart

Stealthy-Strong-Smart untuk SMX-31

Dari penampilan luar saja kita bisa melihat bahwa kapal selam ini adalah sangat berbeda daripada bentuk kapal selam konvensional yang kita kenal. Umumnya kapal selam dewasa ini bentuknya adalah silinder.

SMX-31 menganut bentuk yang disebut dengan “lifting body” dimana badan kapal selam ini dibentuk menyerupai airfoil atau sayap. Dengan bentuk semacam ini, daya apung kapal selam bukan hanya diatur dengan volume tangki ballastnya melainkan juga dihasilkan secara aktif dari pergerakan kapal selam.

BACA JUGA :  TNI AL Terima Tiga Kapal Selam Dari Korea Selatan

Bentuk lifting body pada SMX-31 sendiri juga dirumuskan untuk memenuhi kaidah “Stealthy” Dimana ya bentuk tersebut dapat membantu “kesenyapan” kapal selam.

Fitur lain yang menarik adalah tidak adanya struktur conning tower. ketidak adaan conning tower. Fungsi conning tower untuk sensor permukaan, digantikan oleh UAV Buoy.

Dhimas Afihandarin
Dhimas Afihandarinhttp://stealthflanker.deviantart.com
Pecinta militer, terutama yang berkaitan dengan topik Pertempuran elektronika dan desain alutsista.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

China's Foreign Minister Wang Yi arrives at a meeting at the sidelines of the ASEAN foreign ministers meeting in Vientiane

Pasang Sistem THAAD Milik AS, Tiongkok Sebut Korsel Khianati Sikap Saling...

0
Hobbymiliter.com – Tiongkok menyalahkan Korea Selatan atas hilangnya sikap saling percaya diantara kedua negara. Hal ini dikarenakan Seoul telah setuju untuk memasang sistem pertahanan...

Recent Comments