Thursday, July 9, 2020
Home Alutsista Pesawat Terbang Subsonex JSX-2, Jet Pribadi Termurah Yang Bisa Dirakit Sendiri

Subsonex JSX-2, Jet Pribadi Termurah Yang Bisa Dirakit Sendiri

Subsonex JSX-2, Jet Pribadi Termurah Yang Bisa Dirakit Sendiri – HobbyMiliter.com. Pernah punya pertanyaan, berapa sih sebenarnya harga jet pribadi seperti yang sering dipakai businessman atau disewa artis itu? Harga jet pribadi seperti Dassault Falcon 7x sekitar 55 juta Dollar atau sekitar 800 Milyar Rupiah.

Sedangkan untuk harga jet pribadi yang lebih kecil seperti Learjet 60, uang yang harus disiapkan adalah sekitar 15 juta Dollar atau sekitar 220 Milyar Rupiah. Mahal ya? Sebenarnya, ada yang jauh lebih murah: Personal Jet.

Istilah personal jet memang belum terlalu umum dan jangan rancu dengan private jet atau jet pribadi. Yang terakhir ini adalah pesawat jet biasa yang dimiliki perseorangan dan diawaki oleh penerbang profesional. Sedangkan pengertian personal jet adalah pesawat swayasa (home built) bermesin jet dan penerbangnya adalah para peminat kedirgantaraan alias hobbies yang ingin merasakan menerbangkan pesawat bermesin jet.

BACA JUGA :  Mantan Kepala Pentagon Salahkan Irak Atas Kemunculan ISIS

Subsonex JSX-2, Jet Pribadi Termurah Yang Bisa Dirakit Sendiri
Subsonex JSX-2, Jet Pribadi Termurah Yang Bisa Dirakit Sendiri

Ukuran pesawatnya pun tidak lebih dari pesawat swayasa umumnya. Penumpangnya paling banyak dua orang walaupun ada juga yang lebih dari itu, yaitu sekitar empat orang.

Subsonex JSX-2, Jet Pribadi Termurah Yang Bisa Dirakit Sendiri
Subsonex JSX-2, Jet Pribadi Termurah Yang Bisa Dirakit Sendiri

Di Indonesia memang tidak sedikit orang yang memiliki pesawat swayasa, tapi sampai saat ini belum terdengar ada yang menggunakan mesin jet. Kehadiran personal jet di AS sekalipun belum terlalu lama, walaupun pada tahun 1970 sudah dikenal pesawat BD-5 (digunakan dalam film James Bond Octopussy).

Karena saat itu belum banyak yang tertarik pesawat jet berukuran kecil, pabrik pembuat BD5 akhirnya tutup. Namun pada 1992 pabrik ini dihidupkan lagi dengan nama FLS Micro Jet. Saat ini pabrikan pembuat personal jet sudah berteberan seperti Viper Aircraft/Viper Jet, Subsonex, Maverick One dan Cirus Vision.

BACA JUGA :  Inilah Asal Mula Julukan Fighting Falcon Bagi F-16

Kalau dilihat dari harga jualnya, pesawat jenis ini memang tidak mahal-mahal amat, seperti yang ditawarkan Subsonex JSX-2. Pesawat bermesin jet satu penumpang ini kisaran harganya sekitar 135.000 dolar AS alias sekitar 1.8 Milyar saja. Jauh lebih murah dari pada LearJet 60 yang 200an Milyar Rupiah misalnya.

Salah satu komponen yang menentukan harga dalam penjualan pesawat terbang adalah mesin. Karena pesawat seperti ini sifatnya hanya untuk penghobi saja, pabrikan akhirnya banyak menggunakan mesin jet yang biasa digunakan untuk UAV atau drone seperti PBS TJ-100 yang mampu menghasilkan tenaga dorong sampai 250 pon.

BACA JUGA :  Kunjungan Angkatan Laut China ke Pearl Harbour

Subsonex JSX-2, Jet Pribadi Termurah Yang Bisa Dirakit Sendiri
Subsonex JSX-2, Jet Pribadi Termurah Yang Bisa Dirakit Sendiri

Sebab penggunaan yang berbeda dengan pesawat jet komersial, beberapa pabrikan ada juga yang menawarkan paket penjualan berikut dengan pelatihan menerbangkan. Perlu diingat yang namanya pesawat swayasa pada umumnya dijual tidak dalam bentuk jadi atau utuh, tapi masih terurai.

Pembeli dapat menerima pesawat dalam bentuk kit, dan merakitnya sendiri di garasi atau hanggar hingga jadi sesuai petunjuk yang disediakan, mengurus ijin, lalu menerbangkannya.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

  1. 1,8 M wooooww mau pesan tapi dah jadi pengangguran duit 5m dah tak cukup lagi sampai untuk urusan segala tetek bengek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Kisah Kapal Induk Rusia Admiral Kuznetsov

Kisah Kapal Induk Rusia Admiral Kuznetsov - HobbyMiliter.com. Admiral Kuznetsov saat ini merupakan kapal induk satu satunya milik Rusia. Itupun sebetulnya dalam klasifikasi kapal Angkatan...

EA-18G Growler, Pesawat Tempur Australia Spesialis Peperangan Elektronik

EA-18G Growler, Pesawat Tempur Australia Spesialis Peperangan Elektronik - HobbyMiliter.com. Sudah sejak lama, peperangan elektronik dilakukan oleh manusia. Mulai dari penerjunan pelat pelat logam...

Mengenal AWACS, Radar Terbang Koreografer Pertempuran Udara

Mengenal AWACS, Radar Terbang Koreografer Pertempuran Udara - HobbyMiliter.com. Perang udara semakin kompleks dengan melibatkan kekuatan teknologi maju dan penguasaan informasi. Konsep early warning...

Eurosam SAMP/T MAMBA, Rudal Anti Pesawat Eropa

Eurosam SAMP/T MAMBA, Rudal Anti Pesawat Eropa - HobbyMiliter.com. Dinamisnya pertempuran udara membuat payung udara yang mumpuni tidak bisa hanya mengandalkan eksistensi pesawat tempur...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua