Vietnam Peringkatkan Tiongkok Karena Melanggar Keamanan Penerbangan

0
820
11-vietnam-peringkatkan-tiongkok
Pangkalan Tiongkok di Kepulauan Spratly yang menjadi sengketa.

Hobbymiliter.com – Civil Aviation Authority of Vietnam (CAAV) menuduh Tiongkok telah melakukan ancaman keamanan terhadap lalu lintas udara di regional Laut Cina Selatan, dengan jalan melakukan penerbangan tanpa pemberitahuan di wilayah udara Vietnam hingga wilayah di Laut Cina Selatan yang saat ini masih menjadi sengketa.

Otoritas penerbangan sipil Vietnam memperingkatkan bahwa penerbangan tidak resmi ini “mengancam keselamatan semua penerbangan di wilayah tersebut,” demikian menurut tajuk berita di surat kabar Vietnam, Tuoi Tre.

Pangkalan Tiongkok di Kepulauan Spratly yang menjadi sengketa.
Pangkalan Tiongkok di Kepulauan Spratly yang menjadi sengketa.

Dalam sebuah kutipan yang diterbitkan oleh media online pemerintah Vietnam, Zing.vn pada Jumat (8/1) kemarin, direktur CAAV Lai Xuan Thanh mengatakan bahwa surat keberatan mengenai penerbangan tersebut telah disampaikan ke Beijing. Pihaknya juga mengajukan keberatan kepada organisasi penerbangan sipil internasional PBB (ICAO).

“Pesawat Tiongkok tersebut telah mengabaikan semua aturan dan norma-norma yang ditetapkan oleh ICAO karena tidak melaporkan rencana penerbangan ataupun melakukan kontak radio dengan pusat pengendali lalu lintas udara Vietnam,” ujar Thanh.

Dari tahun baru hingga 8 Januari saja, Vietnam telah mencatat 46 insiden pesawat Tiongkok yang terbang tanpa peringatan di wilayah kedaulatan udara Vietnam. Pihak pusat pengendali lalu lintas udara mencatat kejadian ini terjadi tepat di sebelah selatan ibukota Ho Chi Minh City. Demikian dilaporkan oleh surat kabar Tuoi Tre.

Media pemerintah Tiongkok mengakui bahwa hari Rabu (6/1) silam dua pesawat penumpang mendarat di lokasi terumbu karang Fiery Cross, di kepulauan Spratly. Kepulauan ini adalah inti dari percekcokan sengketa wilayah antara Vietnam dan Tiongkok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here