Friday, July 3, 2020
Home TCG Anatolia, Kapal Serbu Amfibi Modern Turki

TCG Anatolia, Kapal Serbu Amfibi Modern Turki

Hobbymiliter.com – Turki baru saja memulai proyek konstruksi sebuah kapal serbu amfibi serbaguna terbarunya. Proyek ini dinamai TCG Anadolu, atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Anatolia. Demikian disampaikan oleh surat kabar Turki, Milliyet pada Selasa (12/1).

Kapal serbu amfibi serbaguna ini akan menjadi proyek konstruksi militer terbaik dan terbesar sepanjang sejarah Turki. Proyek ini sendiri diperkirakan akan selesai pada tahun 2021 mendatang, demikian dilaporkan oleh media berita Turki minggu kemarin.

28-tcg-anatolia-kapal-serbu-amfibi-turki
Penampakan render 3 dimensi TCG Anatolia. Sumber: kokpit.aero

Kapal ini sedang dibangun di fasilitas galangan kapal Sedef, Istanbul. Unit ini diproyeksikan akan menjadi unit kapal perang angkatan laut Turki terbesar dan paling lengkap pada saat dioperasikan nantinya. Nama Anadolu atau Anatolia sendiri diambil dari daerah Turki yang paling luas wilayahnya.

BACA JUGA :  [FOTO] Pengawalan Royal Navy Inggris Terhadap Armada Kapal Satgas Rusia

Menurut laporan pers Turki, kapal ini akan memiliki panjang 225 meter, dan lebar 32 meter, dan berbobot 28.000 ton pada saat dipersenjatai secara lengkap. Unitnya akan mampu mengangkut delapan helikopter tempur, 700 pasukan bataliun infantri, dan 1400 awak kapal.

TCG Anatolia juga akan mengusung sebuah landasan pacu dengan kemiringan 12 derajat untuk mengakomodir jet tempur dan helikopter perang. Milliyet melaporkan bahwa landasan ini sudah disesuaikan dengan jet tempur siluman F-35 Lightning II buatan Lockheed Martin, dan pesawat tiltrotor militer Bell Boeing V-22 Osprey. Kapal ini akan beroperasi untuk menjalankan misi ke seluruh wilayah dunia.

BACA JUGA :  India Beli Helikopter Kamov Ka226T

“Jet tempur kelas F-35B generasi kelima dan delapan unit helikopter dapat diangkut diatas kapal ini untuk selanjutnya berangkat di area Laut Aegea, Laut Hitam dan Mediterania, serta Samudera Hindia dan Atlantik bila diperlukan,” tulis Milliyet.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Sejarah Insiden Bawean: Aksi Koboi F/A-18 US Navy di Atas Laut Jawa

Sejarah Insiden Bawean: Aksi Koboi F/A-18 US Navy di Atas Laut Jawa - HobbyMiliter.com. Aksi koboi udara Amerika Serikat pernah terjadi tanggal 3 Juli 2003...

Modifikasi Heli Serang Bell AH-1J, Langkah Iran Merevitalisasi Kekuatan Militer

Modifikasi Heli Serang Bell AH-1J, Langkah Iran Merevitalisasi Kekuatan Militer - HobbyMiliter.com. Seiring meningkatnya ketegangan, menyusul mundurnya Amerika Serikat dari kesepakatan damai yang ditandatangani era...

Mengenal Kawasaki P1 Pesawat Patroli Maritim Baru dari Jepang

Mengenal Kawasaki P1 Pesawat Patroli Maritim Baru dari Jepang - HobbyMiliter.com. Jepang sadar betul posisi dan kondisi geografisnya sebagai negeri kepulauan. Terlebih dalam hubungan dengan...

Foto Foto Kuburan Pesawat Tempur Rusia di Lebyazhye

Menengok Kuburan Pesawat Tempur Rusia di Lebyazhye - HobbyMiliter.com -  Lebyazhye Air Force Base dulunya adalah pangkalan udara militer milik Angkatan Udara Rusia. Pangkalan...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua