Thursday, May 13, 2021
HomeBerita Militer DuniaMiliter FilipinaTarget Modernisasi Angkatan Laut Filipina: Pengadaan 50 Kapal Perang Lagi!

Target Modernisasi Angkatan Laut Filipina: Pengadaan 50 Kapal Perang Lagi!

Target Modernisasi Angkatan Laut Filipina: Pengadaan 50 Kapal Perang Lagi! – HobbyMiliter.com – Puluhan tahun setelah Angkatan Laut Republik Indonesia memiliki kapal bersenjata rudal anti kapal, akhirnya tahun 2020 ini untuk pertama kalinya Angkatan Laut Filipina memiliki sebuah kapal bersenjata rudal anti kapal.

Angkatan bersenjata Filipina memang sedang menggeliat, bangun dari tidur panjang pengadaan alutsista. Parlemennya sudah menyetujui dana awal pembangunan kembali kekuatan maritimnya sebesar 75 Milyar Peso. Dana tersebut akan digunakan untuk pengadaan 50 kapal perang baru guna memodernisasi angkatan lautnya.

Diharapkan, dengan kekuatan hasil modernisasi angkatan laut filipina tersebut, Filipina bisa kembali memiliki kekuatan maritim yang kredibel dan diperhitungkan di kawasan penuh sengketa itu.

BACA JUGA :  Newest Philippine Air Force Helicopters

Menurut seorang pejabat Angkatan Laut Filipina, program modernisasi tersebut merupakan langkah untuk membangun ulang postur Angkatan Laut Filipina yang memang selama ini dinilai ketinggalan jaman dan kurang dapat perhatian.

Bayangkan, kapal perang semacam BRP Rizal (PS-74) buatan 1944 dan BRP Pangasinan (PS-31) buatan 1948 masih menjadi kekuatan Angkatan Laut Filipina di era 2020 ini. Menurutnya, modernisasi ini bukan ditujukan untuk memulai perlombaan senjata dengan negara manapun.

Filipina diketahui memiliki klaim tumpang tindih dengan beberapa negara lain atas kepulaan Spratly dan perairan Laut China Selatan. Diantara negara negara yang bersengketa tersebut, memang selama ini Filipina lah yang Angkatan Lautnya paling lemah.

BACA JUGA :  Pentingnya Perencanaan Pembangunan Kekuatan Militer Berkesinambungan

BRP Jose Rizal Angkatan Laut Filipina
BRP Jose Rizal Angkatan Laut Filipina. Kapal berudal anti kapal pertama Filipina.

Selain dana untuk melakukan pengadaan 50 kapal perang utama, Pemerintah Filipina juga akan menyiapkan dana sebesar 100 Milyar Peso dalam jangka panjang untuk melakukan pengadaan sekitar 100 kapal pendukung dan 30 pesawat sayap tetap dan sayap putar.

Sebagai catatan, Filipina baru saja membeli 2 Fregat berudal kelas Jose Rizal dari HHI Korea Selatan senilai 18 Milyar Peso. Harga pembelian tersebut sudah termasuk sistem senjata dan amunisinya. Kapal pertama dinamakan BRP Jose Rizal (FF-150) dan kapal kedua dinamakan BRP Antonio Luna (FF-151).

BACA JUGA :  Foto Kemerdekaan: Foto-Foto Perjuangan Perang Kemerdekaan 1945 - 1949

Daftar 50 kapal yang akan dibeli dengan anggaran modernisasi angkatan laut Filipina antara lain: 6 unit OPV yang akan dibangun Austal dengan skema ToT di Cebu. 4 Fregat kelas Jose Rizal tambahan. 12 korvet berudal dengan penekanan misi anti kapal selam. 8 kapal cepat Fast Attack Interdiction Craft yang dilengkapi rudal jarak pendek, dibeli dari Israel. 42 kapal patroli serbaguna Multi-Purpose Attack Craft akan dibeli dari Taiwan. Terakhir, 2 unit kapal Strategic Sealift Vessel yang akan dibeli dari Indonesia.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua