Saturday, May 28, 2022
HomeInggris Akan Perbarui Unit Tank Tempur Challenger 2

Inggris Akan Perbarui Unit Tank Tempur Challenger 2

Hobbymiliter.com – Kementerian Pertahanan Inggris telah memulai program untuk memperbarui lini tank tempur utama mereka, Challenger 2 yang kini telah dimakan zaman. Setidaknya tiga kontraktor sudah mengajukan proposal awal untuk memenangkan proyek ini.

Pengembang awal Challenger 2, BAE Systems, bersama dengan General Dynamics UK dan Lockheed Martin UK telah mengkonfirmasi bahwa mereka merespon tawaran ini pada tanggal Januari 14 kemarin, setelah sebelumnya mengisi kuesioner pra-kualifikasi (PQQ) yang diterbitkan oleh badan pengadaan alutsista Inggris, yakni The Defence Equipment & Support (DE&S).

BACA JUGA :  Anggaran Militer Naik, TNI pun Bangun Pangkalan Udara Militer di Indonesia Timur

Krauss-Maffei Wegmann, pengembang tank Leopard 2 Jerman, sebelumnya dikabarkan tertarik untuk ikut dalam tender proyek ini namun tidak diketahui bahwa perusahaan ini juga ikut mengisi kuesioner tersebut. Krauss Wegmann juga diperkirakan tidak akan mampu banyak berbicara karena hanya dapat menjual unit yang sudah jadi, ketimbang ikut dalam aktivitas pengembangan berkelanjutan.

38-inggris-perbarui-tank-tempur-challenger-2
Demonstrasi Challenger 2. Sumber: enemyforces.com

Program peremajaan unit tank ini diberi nama Challenger 2 Life Extension Program (LEP) mengikutsertakan dukungan logistik awal. Contract Bulletin yang diterbitkan oleh DE&S sendiri menaksir program ini bernilai 700 juta pounds atau sekitar 13 triliun rupiah. Hasil program ini juga nantinya dapat digunakan untuk memperbarui unit Challenger 2s yang dimiliki oleh pemerintah Oman.

BACA JUGA :  Kunjungan Panglima Angkatan Bersenjata Pakistan ke PT. DI

Kontraktor akan bersaing dalam penilaian kompetitif dua tahap yang berlangsung hingga dua tahun ke depan.

“Durasi fase penilaian kompetitif ini diperkirakan akan memakan waktu dua tahun, dan akan dimulai pada tahap penawaran awal. Tanggal produksi dan penyelesaiannya akan tergantung pada solusi dan persetujuan yang dilakukan di titik keputusan investasi yang dijadwalkan pada tahun 2019 mendatang,” ujar juru bicara DE&S.

Setelah menolak berkomentar mengenai nasib dan isu peremajaan unit tank tempur Challenger 2 selama bertahun-tahun, pemerintah Inggris kini bergerak untuk mengadakan pembaruan demi merealisasikan janji yang tertuang dalam laporan ulasan keamanan dan pertahanan strategis (SDSR). Peremajaan ini akan memperpanjang umur produktif Challenger 2 10 tahun lagi hingga 2035.

Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen Meresmikan Kapal Carrier Killer Ta Chang.

Taiwan Resmikan Kapal Perang “Carrier Killer” Ta Chiang

0
Hobbymiliter.com – Pada hari Kamis, 9 September 2021 waktu setempat, presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, meninjau langsung proses peresmian kapal perang Ta Chiang. Persemian kapal...

Recent Comments