Friday, July 3, 2020
Home Turki Ingin Kembangkan Rudal Ofensif, Tak Menutup Bantuan Tiongkok

Turki Ingin Kembangkan Rudal Ofensif, Tak Menutup Bantuan Tiongkok

Hobbymiliter.com – Turki tampaknya tidak lagi memandang efektif kuantitas tentara konvensional dan ingin memperbanyak alutsista berbasis teknologi mutakhir untuk menjaga pertahanan negaranya. Namun, banyak pihak termasuk diplomat dan analis merespon ambisi Ankara dengan was-was.

“Dari perspekstif NATO, langkah ini bisa disebut membingungkan karena sebagai sekutu, tidak alasan bagi Turki untuk berniat mengembangkan kemampuan rudal ofensif,” ujar salah satu duta NATO di Ankara. “Turki adalah bagian dari payung keamanan. Kami tidak yakin jika usaha Ankara untuk mengembangkan rudal ofensif bisa dikatakan masuk akal secara strategis, meskipun Turki memiliki pandangan tersendiri mengenai ancaman militer yang meningkat di seputar Timur Tengah.

BACA JUGA :  Tiongkok Kembangkan Sistem Ketapel CATOBAR Pada Kapal Pengangkut Pesawatnya

Turki yang beraliran Sunni akhir-akhir ini banyak menghadapi ketegangan sektarian dengan pemerintah Iran dan Irak yang beraliran Syiah, karena mendukung serangan oposisi di Suriah untuk menjatuhkan Bashar al-Assad.

37-turki-ingin-kembangkan-rudal-ofensif
Rudal Ofensif Patriot milik AS di pangkalan militer Ankara.

Turki bersama dengan AS dan Arab Saudi menjadi pendukung utama usaha kelompok oposisi untuk menggulingkan Assad, dan hal ini telah membuat tensi antara Ankara dan Teheran menjadi semakin tegang.

Akhir-akhir ini, Rusia berusaha membalas dendam pesawat Sukhoi Su-24 yang dijatuhkan oleh pesawat F-16 Turki dengan cara memberlakukan sanksi “hingga keluar aspek komersial.”

BACA JUGA :  Helibras Tampilkan Helikopter H225M Pertama Yang Dipersenjatai Rudal Exocet

Dalam pertemuan antara tim pengadaan militer dengan Parlemen Turki, disebutkan bahwa pejabat tinggi pengadaan militer, Ismail Demir menyarankan untuk mengembangkan rudal ofensif.

“Sulit bagi sebuah negara untuk menjadi disegani hanya dengan persenjataan defensive saja. Inilah mengapa sistem (rudal) ofensif juga harus bisa dikembangkan,” kata Demir.

Demir mengakui bahwa program tersebut akan membutuhkan bantuan ilmu dari pihak asing pada tahap awal. Ia tidak menyebutkan nama secara spesifik untuk membantu merealisasikan program Turki, namun tidak membantah adanya pilihan untuk bekerjasama dengan Tiongkok.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.com Simak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Sejarah Insiden Bawean: Aksi Koboi F/A-18 US Navy di Atas Laut Jawa

Sejarah Insiden Bawean: Aksi Koboi F/A-18 US Navy di Atas Laut Jawa - HobbyMiliter.com. Aksi koboi udara Amerika Serikat pernah terjadi tanggal 3 Juli 2003...

Modifikasi Heli Serang Bell AH-1J, Langkah Iran Merevitalisasi Kekuatan Militer

Modifikasi Heli Serang Bell AH-1J, Langkah Iran Merevitalisasi Kekuatan Militer - HobbyMiliter.com. Seiring meningkatnya ketegangan, menyusul mundurnya Amerika Serikat dari kesepakatan damai yang ditandatangani era...

Mengenal Kawasaki P1 Pesawat Patroli Maritim Baru dari Jepang

Mengenal Kawasaki P1 Pesawat Patroli Maritim Baru dari Jepang - HobbyMiliter.com. Jepang sadar betul posisi dan kondisi geografisnya sebagai negeri kepulauan. Terlebih dalam hubungan dengan...

Foto Foto Kuburan Pesawat Tempur Rusia di Lebyazhye

Menengok Kuburan Pesawat Tempur Rusia di Lebyazhye - HobbyMiliter.com -  Lebyazhye Air Force Base dulunya adalah pangkalan udara militer milik Angkatan Udara Rusia. Pangkalan...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua