Friday, June 24, 2022
HomeKapal Perang PKR ke-3 dan Seterusnya, Sepenuhnya Akan Diproduksi Oleh PT PAL...

Kapal Perang PKR ke-3 dan Seterusnya, Sepenuhnya Akan Diproduksi Oleh PT PAL Indonesia

Hobbymiliter.com – Senin lalu, PT PAL Indonesia telah meluncurkan kapal perang ‘perusak’ terbaru jenis Perusak Kawal Rudal (PKR) dalam upacara peluncuran di Galangan Kapal PT PAL Indonesia, Kawasan Tanjung Perak, Surabaya.

Kapal Perusak Kawal Rudal (PKR) tergolong jenis kapal light fregat yang merupakan kerjasama transfer teknologi dengan Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNS), Belanda. Kapal ini dipesan oleh TNI AL sebanyak 2 unit. “Kapal PKR ada 2 unit, kapal PKR ke-1 dan ke-2. Yang launching sekarang PKR ke-1,” ujar Direktur Utama PAL, Firmansyah Arifin, Selasa (19/1/2016).

BACA JUGA :  Kesal Tidak Diizinkan Keluar Kota, Warga Mosul Berontak Terhadap ISIS

Saat ini pekerjaan fisik kapal PKR telah mencapai 85%, selanjutnya akan melalui finishing hingga seat trial, kemudian baru diserahkan kepada TNI AL. Untuk merancang dan merakit PKR, membutuhkan waktu sekitar 4 tahun yang proses perakitan dilakukan di galangan kapal PAL di Surabaya.

Lamanya proses pengembangan PKR bukan tanpa sebab karena PKR merupakan kapal perang canggih yang memiliki kemampuan tempur canggih. Untuk merakit dan memproduksi kapal ini, terdapat 7 modul atau bagian kapal yang harus disatukan.

Untuk kapal PKR ke-1, 5 modul dibuat di PAL dan 2 modul dibuat di Damen, Belanda. Sedangkan kapal PKR ke-2, nantinya sebanyak 6 modul dibuat di PAL dan 1 modul dibuat di Damen. Selanjutnya, modul itu disatukan menjadi kapal perang utuh di PAL di Surabaya.

BACA JUGA :  Penampakan Kapal Induk Type 001A Buatan China

“Untuk PKR ke-3 dan seterusnya semua modul sudah bisa dibuat di Indonesia,” jelas Direktur Utama PAL, Firmansyah Arifin.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

JF-17 Thunder AU Pakistan

Angkatan Udara Myanmar Membeli Jet Tempur JF-17 Thunder

0
HobbyMiliter.com - Pejabat tinggi Angkatan Udara Myanmar mengkonfirmasikan pembelian jet tempur JF-17 Thunder telah disetujui oleh pemerintahan Myanmar. Pesanan ini merupakan bagian dari kesepakatan yang...

Recent Comments