Thursday, June 30, 2022
HomeVietnam Peringatkan Tiongkok Untuk Tidak Mengebor Minyak Di Area Sengketa

Vietnam Peringatkan Tiongkok Untuk Tidak Mengebor Minyak Di Area Sengketa

48-vietnam-peringatkan-tiongkok-tidak-mengebor-minyak-di-area-sengketa
Kilang minyak lepas pantai milik Tiongkok di sekitar pulau Hainan. Sumber: Associated Press

“Vietnam meminta Tiongkok untuk tidak melanjutkan aktivitas pengeboran mereka dan mencabut peralatan kilang minyak mereka dari area tersebut,” ujar Binh.

Rabu (20/1) kemarin, Beijing bersikeras bahwa operasi kilang minyak mereka berada pada perairan kedaulatan Tiongkok. “Kami harap pihak Vietnam dapat melihat persoalan ini dengan tenang,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hong Lei.

Ketika Tiongkok memindahkan peralatan kilang minyak mereka ke dekat area sengketa, hubungan Vietnam dan Amerika mencatatkan kemajuan bersejarah sejak terakhir kali berperang pada tahun 1975. Oktober 2014, AS mencabut sebagian embargo penjualan senjata besar ke Vietnam, yang mana menurut pandangan para ahli berpotensi membuat hubungan antara Beijing dan Washington di ujung tanduk.

BACA JUGA :  Korut Luncurkan Ujicoba Nuklir Kelima Dengan Kekuatan Terbesar Sepanjang Sejarah

Tiongkok mengklaim hampir seluruh teritori Laut Cina Selatan. Vietnam, Malaysia, Brunei, Filipina, dan Taiwan juga tumpang tindih mengklaim wilayah perairan yang sama.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.com Simak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Permintaan Pembelian M109A6 Paladin Arab Saudi Disetujui AS

Permintaan Pembelian M109A6 Paladin Arab Saudi Disetujui AS

0
Permintaan Pembelian M109A6 Paladin Arab Saudi Disetujui AS - HobbyMiliter.com - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) dikabarkan menyetujui permintaan pembelian sebanyak 180 unit...

Recent Comments