Friday, March 29, 2024
Home Senjata Railgun Rusia Diujicoba, Capai Kecepatan 3 km/detik

[VIDEO] Senjata Railgun Rusia Diujicoba, Capai Kecepatan 3 km/detik

Hobbymiliter.com – Tim ilmuwan Rusia berhasil mengujicoba railgun pertamanya pada pertengahan tahun 2016 silam. Railgun tersebut mengandalkan kekuatan elektronik ketimbang kekuatan peledak yang biasa dimanfaatkan dalam teknologi buatan negara-negara Barat.

Menurut para ahli di Joint Institute of High Temperatures di Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, senjata railgun yang mereka ujicoba mampu menembak dalam kecepatan luar biasa, yakni 3 kilometer per detiknya. Dengan kecepatan serupa, maka perlindungan lapis baja jenis apapun akan mampu ditembus dengan mudah.

Dalam ujicoba terbaru yang mereka langsungkan akhir tahun kemarin, peluru silinder plastik berbobot 15 gram yang ditembakkan oleh railgun, mampu menembus plat aluminium sedalam beberapa centimeter.

BACA JUGA :  KRI Oswald Siahaan 354, Kapal Legendaris TNI AL

Hal ini dimungkinkan karena railgun ditenagai oleh konduktor elektromagnetik dan bukannya energi ledakan yang secara konvensional menghasilkan ledakan untuk mendorong peluru menuju sasaran.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

19-nasa-siap-rakit-rover-mars-2020

NASA Bersiap Rakit Kendaraan Rover Untuk Misi Mars 2020

0
Hobbymiliter.com - Setelah melewati proses peninjauan panjang dan pengembangan besar-besaran, NASA kini bersiap untuk meluncurkan rancangan akhir untuk merakit kendaraan rover Mars. Rover tersebut...

Recent Comments