Friday, April 26, 2024
HomeMengenal Radar Sukhoi N001 Myech (Slot Back)

Mengenal Radar Sukhoi N001 Myech (Slot Back)

Sang penghuni hidung Su-27/30 Flanker.

NIIP Tikhomirov mengajukan dua tahapan peningkatan kemampuan radar N001 dimana pada tahap pertama dilakukan penambahan moda operasi baru yaitu pemetaan darat dan integrasi dengan munisi presisi seperti bom berpandu KAB-500 dan 1500 serta rudal RVV-AE/R-77.

Radar Sukhoi N001VE
Radar N001VE/VEP dalam proses testing/perawatan. Radar ini merupakan penyempurnaan dari N001 generasi pertama dengan penambahan moda operasi baru dan kompatibilitas dengan senjata baru.

Proses integrasi tahapan pertama diatas dilakukan dengan memodifikasi radar N001 dengan menambahkan suatu kanal pintas/bypass channel. Fungsi dari kanal ini adalah untuk meneruskan data dari radar ke sistem pemrosesan digital bilamana moda operasi baru seperti pemetaan atau penembakan rudal R-77 dipilih. Bilamana yang dipilih adalah moda operasi lama, maka radar akan memproses data dengan menggunakan hardware radar yang lama.   Selain penambahan bypass channel juga dilakukan penggantian prosesor radar dimana Ts-100 digantikan oleh prosesor digital “Baguet” BTsVM-486-6.

BACA JUGA :  Duterte: Latihan Gabungan AS-Filipina Pekan Ini Akan Jadi Yang Terakhir
BTSVM-486
Komputer digital BTsVM-486 yang menggantikan Ts-100 pada radar N001.

Tahap kedua modernisasi N001 yang disebut juga “Pero” lebih radikal yaitu dengan penggantian antenna inverse cassegrain dengan antenna phased array serta penambahan hardware pendukung berupa BSC atau Beam Steering Controller dan penambahan moda-moda operasi baru. Dengan demikian N001 hasil dari modifikasi ini akan memiliki performa sebanding dengan radar N011M Bars. Namun demikian untuk mengurangi biaya upgrade, Antena Phased Array yang digunakan pada tahap kedua ini menggunakan sistem yang sama sekali berbeda dengan N011M.

Antenna Radar Sukhoi N001 Pero
Antenna Radar N001 Pero

Pada N011M gelombang elektromagnetik yang dihasilkan dari pemancar disalurkan ke antenna melalui suatu sistem penyaluran yang berada di belakang antenna atau disebut juga backplane feed sementara pada N001 Pero menggunakan sistem yang disebut reflective array.

Dhimas Afihandarin
Dhimas Afihandarinhttp://stealthflanker.deviantart.com
Pecinta militer, terutama yang berkaitan dengan topik Pertempuran elektronika dan desain alutsista.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Kapal KP ORCA 2, Kapal Pengawas Perikanan KKP

KP Orca 2, Kapal Patroli Pengawas Perikanan KKP

0
Maraknya pencurian sumberdaya alam perairan Indonesia membuat Kementerian Kelautan dan Perikanan memesan 4 buah kapal Pengawas Perikanan yang diberi nama KP Orca 1, KP...

Recent Comments