Friday, December 9, 2022
HomeMengenal Radar Sukhoi N001 Myech (Slot Back)

Mengenal Radar Sukhoi N001 Myech (Slot Back)

Sang penghuni hidung Su-27/30 Flanker.

Pero feed
Diagram-1. Perbedaan antara backplane feed dan space feed.

Diagram 1 diatas menunjukkan perbedaan pada sistem feed antara N011M bars (atas) dengan sistem feed yang digunakan oleh N001 Pero. Sistem backplane feed pada N011M bars dimana gelombang electromagnetik yang dari pemancar akan “dibagi-bagi” ke seluruh elemen pemancar antenna melalui feed network. Sementara pada N001 Pero gelombang elektromagnetik dari pemancar hanya melalui satu jalur sebelum mencapai feedhorn yang akan “membagi” tenaga dengan cara “menyinari” elemen pemancar antenna. Gelombang elektromagnetik dari feedhorn itulah yang nanti akan diproses oleh elemen antenna dan dipancarkan.

Keunggulan dari sistem yang digunakan pero adalah antenna yang lebih ringan daripada N011M Bars karena tidak diperlukannya jaringan penyaluran gelombang elektromagnetik yang relatif berat, dengan demikian harga antenna pun akan lebih murah. Namun demikian sistem semacam ini bukannya tanpa kelemahan. Karena posisi feedhorn yang berada didepan antenna maka akan terjadi “aperture   blocking”   dimana adanya struktur   didepan antenna   akan menganggu pemancaran dan penerimaan gelombang elektromagnetik.

BACA JUGA :  Akhir Pengabdian Kapal Angkut Tank Era Perang Dunia 2 Milik TNI AL

Dalam segi performa N001 menawarkan daya jangkau 190-300 Km dan moda-moda operasi tambahan setara N011M Bars seperti fitur NCTR (Non Cooperative Target Recognition) Yang memungkinkan radar untuk mengidentifikasi jenis target berdasarkan perubahan dari gelombang radar yang dipantulkan olehnya.

Sayangnya pengembangan N001 Pero  tidak dilanjutkan, melainkan hanya sampai ke tahap purwarupa dimana diproduksi dua radar sebagai pionir. Salah satu diantaranya dikirim ke China untuk uji-coba sementara satu lagi tetap disimpan oleh pabrikan pembuat yaitu GRPZ Ryazan yang juga memproduksi varian N001 seperti N001V,VE dan VEP yang digunakan oleh Mayoritas varian Su-27 dan Su-30.

BACA JUGA :  Video Spetsnaz menari 'robot dance'!

Prospek radar keluarga N001 sendiri menurut pendapat saya selaku penulis adalah sudah mulai ditinggalkan, walaupun radar ini tetap diproduksi untuk keluarga Su-30MKK, MK-2 dan Su-27SM. Desain antenna inverse cassegrain dewasa ini sudah tidak lagi digunakan oleh pesawat tempur modern. Rata-rata menggunakan slotted planar array atau sudah bergerak ke ESA (Electronically Scanned Array) baik PESA maupun AESA.  Uni-Soviet/ Rusia sendiri sebenarnya semenjak tahun 1990’an menargetkan bahwa semua radar pesawat tempur mereka sudah harus ESA. Namun niat tersebut akhirnya terhenti seiring gejolak politik dan ekonomi pada dekade 1990’an setelah runtuhnya Uni Soviet.

BACA JUGA :  Hamina Class FAC Siluman Laut Serba Bisa Dari Finlandia

 

Kepustakaan :

-Red Star Series : Famous Russian Aircraft Su-27 Flanker. 2006

Overscan’s Guide to Russian Avionics

Dhimas Afihandarin
Dhimas Afihandarinhttp://stealthflanker.deviantart.com
Pecinta militer, terutama yang berkaitan dengan topik Pertempuran elektronika dan desain alutsista.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Dassault Rafale B sedang melakukan aerial refueling.

Sales Rafale untuk UAE: Presiden Perancis

0
HobbyMiliter.com - Sales Rafale untuk UAE: Presiden Perancis. Presiden Prancis Francois Hollande berencana ke Uni Emirat Arab pekan ini untuk menjual jet tempur Rafale...

Recent Comments