Friday, April 26, 2024
HomeMengenal Global Hawk, Drone Terbaru Milik NASA & Angkatan Udara AS

Mengenal Global Hawk, Drone Terbaru Milik NASA & Angkatan Udara AS

Drone Global Hawk di Pangkalan Udara Edward, California. Sumber: Wikipedia
Drone Global Hawk di Pangkalan Udara Edward, California. Sumber: Wikipedia

Dari segi ukuran, Global Hawk tergolong besar. Dengan panjang 44 kaki (13,4 meter), pesawat tanpa awak ini memiliki panjang sayap selebar 116 kaki (49 meter) dan tinggi 15 kaki (4,5 meter). Bobot kotornya berkisar antara 26.750 pon atau sekitar 12,1 ton. Unit ini dapat mengangkut bawaan seberat 1500 pon atau sekitar 680 kilogram. Mesin yang dipakai adalah Rolls-Royce AE3007H Turbofan, dan mengusung ekor V yang unik sebagai sayap belakang.

Pesawat ini sempat menjadi buah bibir di berita pekan silam. Ini karena seorang peretas bernama @CthulhuSec dan kelompok peretas AnonSec berhasil menyusup masuk ke jaringan data NASA dan membeberkan ratusan GB data mengenai Global Hawk. Mereka juga mengklaim berhasil mengendalikan sebagian pengaturan dalam pesawat tersebut.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Atraksi Barongsai, Yongmodoo dan Reog Yonif 413 Kostrad.

Barongsai Yonif 413 Kostrad

0
HobbyMiliter.com - Yonif 413 Kostrad turut memeriahkan perayaan Imlek dengan menggelar Atraksi Barongsai, Yongmodoo dan Reog Minggu 02/02/2014. Perayaan yang di gelar Minggu dini...

Recent Comments