Friday, April 19, 2024
HomeSitus Nuklir Aktif, Korut Bersiap Lancarkan Ujicoba Nuklir Terbarunya

Situs Nuklir Aktif, Korut Bersiap Lancarkan Ujicoba Nuklir Terbarunya

Hobbymiliter.com – Sebuah kelompok pengamat pertahanan Amerika Serikat mengatakan bahwa saat ini Korea Utara kemungkinan sedang mempersiapkan ujicoba nuklir terbarunya.

Hal ini didapatkan setelah mereka menyimpulkan sebuah gambar satelit yang merekam adanya “aktivitas berkelanjutan di ketiga kompleks terowongan yang dapat digunakan untuk melangsungkan ujicoba nuklir” di fasilitas ujicoba Punggye-ri.

Laporan tersebut diterbitkan oleh kelompok pengamat yang tergabung dalam situs The 38 North, yang dioperasikan oleh Institut AS-Korea di Johns Hopkins University School of Advanced International Studies.

BACA JUGA :  Jerman Akan Tingkatkan Kehadiran Unsur Militer Di Asia-Pasifik

Aktivitas yang terakhir kali tercatat dilakukan di fasilitas ujicoba tersebut adalah peledakan rudal nuklir pada 9 September silam. Namun, berdasarkan pantauan gambar satelit diatas, 38 North menduga ada dua kemungkinan. Korut bisa saja sedang bersiap untuk melakukan ujicoba lagi, atau hanya sekadar mengumpulkan data pasca ujicoba 9 September, ataupun menutup ketiga terowongan tersebut.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Recent Comments