Swiss Wakili Hubungan Diplomasi Antara Arab Saudi dan Iran

0
554
Swiss President and Foreign Minister Burkhalter speaks to the media during a news conference after the weekly meeting of the Federal Council in Bern

Hobbymiliter.com – Swiss secara resmi akan mewakili kepentingan Iran dengan Arab Saudi dan sebaliknya. Bern ditunjuk sebagai perwakilan setelah Riyadh dan Teheran saling menutup pintu diplomasi satu sama lain.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Iran, Hossein Jaberi-Ansari mengatakan bahwa keputusan negara-negara Eropa untuk menerima tanggung jawab layanan diplomasi kedua negara, sudah sesuai dengan keinginan Saudi dan Iran.

“Republik Iran telah meminta negara (Swiss) untuk mewakili kepentingannya di Arab Saudi, pada saat berkonsultasi secara diplomatik dengan pemerintah Swiss,” katanya.

BACA JUGA :  Pesawat Hawk TNI AU Upgrade Fitur Baru, Apa Itu?

Meski menyatakan siap untuk mengisi peran tersebut, namun pemerintah Swiss mensyaratkan agar pihaknya juga ikut berkonsultasi dengan Arab Saudi.

Seusai pertemuan tersebut, Swiss dikabarkan telah menerima permintaan serupa dari Arab Saudi untuk mewakili kepentingannya di Iran. Maka, Bern telah secara resmi akan menangani peran tersebut “setelah mengikuti prosedur diplomatik yang diperlukan,” kata Hossein.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here