Sunday, March 3, 2024
HomeMengenal Rudal ICBM RS-26 Rubezh Rusia, Dengan Bobot dan Efektivitas Lebih Ringan

Mengenal Rudal ICBM RS-26 Rubezh Rusia, Dengan Bobot dan Efektivitas Lebih Ringan

1-rudal_icbm_rs-26_rubezh_rusia
Rudal ICBM RS-26 Rubezh Rusia. Sumber: Military Today

Yang membuat RS-26 terasa spesial adalah karena bobotnya yang hanya berkisar 80 ton, dibandingkan dengan bobot pendahulunya, RS-24 Yars yang mencapai 120 ton. Rubezh mengangkut 1,2 megaton amunisi di dalam hulu ledak berkekuatan 300 kiloton.

Dengan jarak potensial sejauh 11.000 kilometer, rudal ini dapat ditembakkan dari Rusia menuju daratan Amerika Serikat yang dianggap sebagai rival abadinya. Ditambah, proses muatannya hanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit. Artinya, radar NATO yang dipasang di daratan Eropa tidak akan sempat untuk meluncurkan serangan pencegat.

BACA JUGA :  TNI AU Daratkan Pesawat Asing Terbang Tanpa Ijin Di Wilayah Udara Indonesia

Ketika lintasannya memasuki fase menukik tajam, sekitar ratusan kilometer jauhnya dari target, rudal ini akan jatuh dari ketinggian, mendekati tanah, dan berubah modus menjadi rudal jelajah (cruise missile).

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

26-erdogan-eksekusi-13

Keluar dari Konvensi HAM Eropa, Erdogan Akan Eksekusi 13.000 Orang?

0
Hobbymiliter.com - Pemerintah Turki telah menangkap lebih dari 13.000 orang yang diduga terkait dengan percobaan kudeta dua pekan silam. Dunia pendidikan dan pelayanan hukum...

Recent Comments