Jejak Kiprah Uzi SMG di Indonesia

0
1898
uzi 1

HobbyMiliter.com – Jejak Kiprah Uzi SMG di Indonesia. Cukup mudah mengetahui satuan mana yang menggunakan senjata Uzi, yitu meliputi Taipur (Intai Tempur) Kostrad TNI AD serta Taifib (Intai Amfibi) Korps Marinir TNI AL. Karena memiliki desain yang cukup praktis, diyakini seukuran hampir sama dengan pistol ini juga pernah digunakan oleh pasukan pengawal VVIP. Uzi pertama kali diperkenalkan ke Indonesia tidak secara langsung dari negara produsennya yaitu Israel, karena Indonesia tidak memiliki jaringan diplomatik dengan Israel.

uzi 2

Ken Conboy di dalam buku Intelnya mengatakan bahwa munculnya Uzi di Indonesia diawali dari maraknya aktivitas intelijen saat itu. Terbentuknya Satsus Intel (Asal mula Satuan Pelaksana BAKIN) tidak lepas dari campur tangan Mossad (Dinas Rahasia Israel) yang mengirimkan agennya ke Indonesia pada tahun 1968. Hubungan ini berlanjut, tak hanya hubungan dengan Mossad, tetapi juga Badan Intelejen Amerika Serikat (CIA). Di tahun 1980, CIA melakukan pelatihan kontra-terorisme serta pengamanan VIP sebanyak lima sesi di Indonesia.

Sata itu AS sangat menyukai Uzi, maka lembaga CIA dan US Secret Service banyak memakainya. Tentu saja pelatihan di Indonesia juga menggunakan senjata tersebut. Sama halnya dengan AS, pelatihan itu membuat anggota BAKIN (Badan Koordinasi Intelijen Negara) dan TNI AD, sangat menyukai senjata ini juga. Pembelian pun dilakukan, tapi tentu saja secara rahasia. Mengingat saat itu Indonesia sangat mengutuk aksi-aksi kekerasan yang dilakukan oleh Israel. Untuk membantu pengadaan senjata itu, CIA menyambungkan TNI AD dan BAKIN dengan menufaktur senjata AS yang berada di Philadelphia. Maka pemesanan Uzi pun diperoleh melalui cara ini, yaitu dari pabrik yang mendapat lisensi dari IMI untuk penjualan Uzi di AS.

uzi 3

Uzi yang digunakan TNI saat ini masih bertipe SMG, famili Uzi terdiri dari tipe Uzi SMG, Uzi micro SMG, Uzi mini SMG, serta Uzi pistol. Uzi SMG tipe awal dirancang tanpa menggunakan blok pengaman dan popor pejak berbahan kayu, Uzi jenis ini digunakan oleh pasukan Taifib Marinir. Sedangkan varian Uzi SMG yang paling baru telah dipasang blok pengaman, bahkan mengadopsi popor lipat berbahan logam yang melipatnya ke bawah receiver.

Uzi merupakan hasil rancangan Uziel Gal, seorang perwira Israel pada awal 1950-an. Selain rancangannya yang cukup ringkas, Uzi juga mudah dalam perawatannya, laras Uzi bisa dilepas dengan hanya membuka pengunci laras yang berada di bagian depan receiver. Bahkan setiap prajurit Israel diwajibkan bisa membongkar serta merakit Uzi dengan mata tertutup sekalipun.

uzi 4

Karena sudah mendunia, pengalaman tempur Uzi sudah sangat banyak, menandakan Uzi memang sudah sangat battle proven. Lisensinya juga diproduksi oleh FN Herstal, Norinco, serta Lyttleton Engineering Works, populasi Uzi berbagai varian telah mencapai 10 juta unit di tahun 2003.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here