Tuesday, March 19, 2024
HomeBlog MiliterJejak Kiprah Uzi SMG di Indonesia

Jejak Kiprah Uzi SMG di Indonesia

HobbyMiliter.com – Jejak Kiprah Uzi SMG di Indonesia. Cukup mudah mengetahui satuan mana yang menggunakan senjata Uzi, yitu meliputi Taipur (Intai Tempur) Kostrad TNI AD serta Taifib (Intai Amfibi) Korps Marinir TNI AL. Karena memiliki desain yang cukup praktis, diyakini seukuran hampir sama dengan pistol ini juga pernah digunakan oleh pasukan pengawal VVIP. Uzi pertama kali diperkenalkan ke Indonesia tidak secara langsung dari negara produsennya yaitu Israel, karena Indonesia tidak memiliki jaringan diplomatik dengan Israel.

BACA JUGA :  Tangkal Efek Brexit, Jerman dan Prancis Akan Berbagi Pesawat dan Pangkalan Udara

uzi 2

Ken Conboy di dalam buku Intelnya mengatakan bahwa munculnya Uzi di Indonesia diawali dari maraknya aktivitas intelijen saat itu. Terbentuknya Satsus Intel (Asal mula Satuan Pelaksana BAKIN) tidak lepas dari campur tangan Mossad (Dinas Rahasia Israel) yang mengirimkan agennya ke Indonesia pada tahun 1968. Hubungan ini berlanjut, tak hanya hubungan dengan Mossad, tetapi juga Badan Intelejen Amerika Serikat (CIA). Di tahun 1980, CIA melakukan pelatihan kontra-terorisme serta pengamanan VIP sebanyak lima sesi di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Kapal KP ORCA 2, Kapal Pengawas Perikanan KKP

KP Orca 2, Kapal Patroli Pengawas Perikanan KKP

0
Maraknya pencurian sumberdaya alam perairan Indonesia membuat Kementerian Kelautan dan Perikanan memesan 4 buah kapal Pengawas Perikanan yang diberi nama KP Orca 1, KP...

Recent Comments