Tuesday, June 28, 2022
HomeTiongkok Tuduh Jepang Ikut Campur Dalam Sengketa Laut Cina Selatan

Tiongkok Tuduh Jepang Ikut Campur Dalam Sengketa Laut Cina Selatan

Hobbymiliter.com – Beijing pada hari Kamis (10/3) silam menuduh Tokyo sengaja ikut campur dalam konflik Laut Cina Selatan setelah pengumuman dari Manila yang mengatakan bahwa pihaknya akan meminjam 5 pesawat militer Jepang untuk membantu patrol area perairan laut yang mereka klaim.

Beijing mengklaim hampir seluruh wilayah strategis di Laut Cina Selatan. Tiongkok juga bersitegang dengan Jepang soal kepemilikian pulau Senkaku/Diaoyu di Laut Cina Timur. Konflik ini membuat hubungan kedua raksasa Asia tersebut semakin memburuk dalam beberapa tahun terakhir.

BACA JUGA :  Loyal Wingman Australia Resmi Dinamai MQ-28A Ghost Bat

Presiden Filipina, Benigno Aquino sebelumnya mengatakan negaranya akan meminjam 5 unit pesawat latih TC-90 dari Jepang untuk “membantu angkatan laut kami berpatroli di territorial kami,” dan merujuk beberapa area yang menjadi sengketa di Laut Cina Selatan.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hong Lei mengatakan Beijing “sangat mengecam” tindakan yang dianggap menantang kedaulatan dan keamanan wilayah negaranya. Tiongkok, menurut Hong Lei, tetap akan bersiaga satu.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.com Simak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Penandatanganan penyerahan kota Solo dan Pacitan dari Belanda ke pasukan Republik di Stadion Solo 12 November 1949. Belanda diwakili oleh Kolonel van Ohl dan Republik Indonesia diwakili oleh Letnan Kolonel Slamet Rijadi. Tampak Mayor Jendral Mollinger dibelakang keduanya. Letkol Slamet Rijadi sebelumnya memimpin Serangan Umum Surakarta melawan pasukan Kol. van Ohl, 7-10 Agustus 1949.

Kisah Slamet Riyadi, Pahlawan Nasional dari Solo

0
HobbyMiliter.com - Slamet Riyadi, Pahlawan Nasional dari Solo. Dalam kegiatan Operasi Senopati untuk menumpas pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS) tahun 1950, Letnan Kolonel Slamet...

Recent Comments