Tiongkok Tuduh Jepang Ikut Campur Dalam Sengketa Laut Cina Selatan

0
1837
Hadout photos of Japan Maritime Self-Defense Forces' TC-90 training aircraft
Pesawat latih TC-90 Jepang. Sumber: Yahoo Japan

Hobbymiliter.com – Beijing pada hari Kamis (10/3) silam menuduh Tokyo sengaja ikut campur dalam konflik Laut Cina Selatan setelah pengumuman dari Manila yang mengatakan bahwa pihaknya akan meminjam 5 pesawat militer Jepang untuk membantu patrol area perairan laut yang mereka klaim.

Beijing mengklaim hampir seluruh wilayah strategis di Laut Cina Selatan. Tiongkok juga bersitegang dengan Jepang soal kepemilikian pulau Senkaku/Diaoyu di Laut Cina Timur. Konflik ini membuat hubungan kedua raksasa Asia tersebut semakin memburuk dalam beberapa tahun terakhir.

Presiden Filipina, Benigno Aquino sebelumnya mengatakan negaranya akan meminjam 5 unit pesawat latih TC-90 dari Jepang untuk “membantu angkatan laut kami berpatroli di territorial kami,” dan merujuk beberapa area yang menjadi sengketa di Laut Cina Selatan.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hong Lei mengatakan Beijing “sangat mengecam” tindakan yang dianggap menantang kedaulatan dan keamanan wilayah negaranya. Tiongkok, menurut Hong Lei, tetap akan bersiaga satu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here