Saturday, April 20, 2024
HomeProfil Grup 1 Kopassus Serang

Profil Grup 1 Kopassus Serang

GRUP 1 KOPASSUS DI MASA DAMAI

Sebagai satuan yang terlatih , Grup 1 Kopassus di wilayah Serang Jawa Barat sudah disegani dan dikenal. Hal ini tak mengherankan karena Grup 1 Kopassus ini sudah lebih dari 20 tahun berkedudukan di Kompleks Markas Komando yang memiliki areal sampai 234 ha. Grup 1 terus tetap berlatih tanpa henti. Meskipun saat ini memang tak ada daerah operasi, tempat biasa bertugas. Seperti diketahui, Aceh sudah relatif damai, dan Timtim sudah jadi negara sendiri, jadi praktis saat ini Grup 1 memang terus berlatih.

BACA JUGA :  Kepala Staf Angkatan Darat Korea Utara Dieksekusi Mati
Beladiri Militer Grup 1 Kopassus
Beladiri Militer Grup 1 Kopassus

Saat ini Grup 1  memang sebagian besar posisinya ada di markas, dan hanya beberapa anggota saja yang bertugas di luar seperti di perbatasan Papua, Kalimantan dan ikut operasi tertentu. Di masa damai ini selain berlatih selayaknya sebagai prajurit yang handal, prajurit Grup 1 terus mendekatkan diri dengan masyarakat sekitar, terutama jika mereka terkena musibah bencana alam.

Bahkan satuan ini tak segan-segan menawarkan bantuan bagi wilayah Serang dan sekitarnya jika terjadi musibah seperti bencana alam, mereka siap membantu dengan segala peralatan yang dimiliki. Seperti yang ditegaskan pimpinannya di hadapan Muspida Serang, bahwa Grup 1 siap membantu all-out jika terjadi apa-apa di wilayah Serang dan Banten.

BACA JUGA :  Latihan Terbang Kota Penerbad

Bakti sosial sudah biasa dilakukan Grup 1 Kopassus ini, dan biasanya melibatkan sampai 3.000 orang. Bahkan warga yang membutuhkan bantuan hanya menunggu saja karena para anggota Grup 1 menjemput dan datang langsung ke lokasi Bakti Sosial atau daerah yang terkena banjir atau bencana alam lainnya. Semua ini dilakukan dengan gratis, pengobatan dan pembagian sembako, dan termasuk dalam Operasi Militer Selain Perang seperti yang diamanatkan Undang undang.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

2 COMMENTS

  1. masukan buat hobbymiliter

    pop up nya bikin minat baca artikel nya jadi kurang sedap..

    masa tiap ganti page muncul terus dan harus di close

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

CARAT DIVEX-SALVEX-EODEX 2022, Story of A Journey (Part 1)

CARAT DIVEX-SALVEX-EODEX 2022, Story of A Journey (Part 1)

0
Hobbymiliter.com – CARAT DIVEX-SALVEX-EODEX 2022, Story of A Journey (Part 1). Sebuah latihan militer bersama antara TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut Amerika Serikat...

Recent Comments