Monday, November 23, 2020
Home Pasukan T Ronggolawe, Pasukan Pejuang Pelajar

Pasukan T Ronggolawe, Pasukan Pejuang Pelajar

HobbyMiliter.com – Pasukan T Ronggolawe, Pasukan Pemuda Pelajar Jaman Perjuangan. Menjelang kekalahan Pasukan Jepang, beberapa pemuda pelajar di Semarang membentuk Gabungan Sekolah Menengah Semarang (Gasemse) sebagai organisasi kesatuan aksi dan komunikasi perjuangan yang diketuai Adiwoso Abubakar. Mereka dibina oleh beberapa guru sekolah menengah seperti Moeharto dan Soetomo. Proklamasi kemerdekaan Rl 17 Agustus 1945 memberi semangat kepada mereka untuk ikut berjuang, dengan bekal pengalaman latihan dasar kemiliteran saat pendudukan Jepang serta senjata rampasan dari Pasukan Jepang mereka ambil bagian dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang (15-20 Oktober 1945).

BACA JUGA :  Perang Elektronika Di Lembah Beka’a

Setelah membentuk dua batalyon dan resmi bergabung dengan TKR Divisi IV Resimen 24 di Kendal mereka diperintahkan oleh Komandan TKR Divisi IV Mayor Jenderal GPH Djatikusumo untuk mengikuti pendidikan di Sekolah Opsir Tjadangan (SOT) di Salatiga pada Februari 1946.

PENDIDIKAN DAN LATIHAN PASUKAN T RONGGOLAWE

Sekolah Opsir Tjadangan (SOT) ini diadakan untuk membentuk satu korps opsir (perwira) cadangan dari guru dan pelajar yang telah bergabung dalam TKR Divisi IV. Gagasan ini muncul dari Mayor Jenderal GPH Djatikusumo setelah melihat banyaknya korban dari para pelajar dan guru yang hanya bermodal semangat yang besar ikut berjuang di sekitar Semarang dan Ambarawa di penghujung 1945.

BACA JUGA :  Kisah Operasi Trikora: Pesawat Pak Harto Nyaris Ditembak Belanda!

Djatikusumo ingin agar potensi intelektual dan kemampuan tempur di lapangan para guru dan pelajar benar-benar dimanfaatkan untuk berjuang mempertahankan kemerdekaan. Sehingga, di SOT mereka diberi pendidikan kemiliteran, pengetahuan teknik, taktik dan strategi militer sehingga selain semangat dan keberanian, kemampuan tempurnya juga meningkat.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

2 COMMENTS

  1. Aku bangga almarhum kakek ku dulu menjadi anggota pasukan divisi 5 ronggolawe, di bawah komando bpk sudarmono, aku anak cepu bangga kota cepu dulu menjadi markas divisi 5 ronggolawe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis- Hobbymiliter.com. SMX-31 adalah suatu konsep kapal selam masa depan dari negeri Baguette. Konsep ini adalah unik karena memperkenalkan...

STRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

Sejarah STRIL, Sistem Koordinasi & datalink AU Swedia- Hobbymiliter.com.  Bahwa Swedia terkenal sebagai salah satu negara di semenanjung Skandinavia yang bersifat independen atau dalam...

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?- Hobbymiliter.com. Bidang Pertahanan udara dewasa ini memiliki sebuah pertanyaan,  utamanya setelah perang Suriah, Libya, serangan drone AS di...

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS- hobbymiliter.com. Bahwa dewasa ini kita mengenal Angkatan laut AS utamanya dari armada kapal selam nuklirnya. Nama-nama seperti...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua