Friday, March 29, 2024
HomeProfil Grup 1 Kopassus Serang

Profil Grup 1 Kopassus Serang

GRUP 1 BERGESER KE SERANG

Tahun 1978 terjadi pergantian pimpinan dari Komandan ke-6 kepada Letkol Inf. Wismoyo Arismunandar sebagai Komandan ke-7 . Komandan ini tercatat paling lama menjabat sebagai pimpinan Grup 1 Kopassandha dan dalam masa jabatannya terjadi peningkatan jumlah anggota menjadi 1.736 anggota. Dengan penambahan personel menjadi bukti bahwa peran Kopassandha dalam penyelesaian Timor-Timur sangat menentukan.

Parade Militer Kopassus
Parade Militer Kopassus

Selain itu sesuai dengan Keputusan Komandan Koppasandha STR/191/1981 , Grup 1 Kopassandha yang semula di Cijantung, Jakarta Timur digeser ke Serang Jawa Barat. Kompleks Grup 1 yang baru ini diresmikan Menhankam Pangab Jenderal TNI M. Yusuf pada tanggal 20 Agustus 1981. Kompleks tersebut saat itu bisa disebut sebagai komplek militer yang terbesar di Indonesia karena memiliki areal 234 ha.

BACA JUGA :  Super Tucano AU Brazil Tembak Jatuh Pesawat Pengangkut Kokain

Pada tahun 1983 Kopassandha maupun Kopassandha Grup 1 mengalami perubahan pimpinan kembali. Danjen Kopassandha yang baru adalah Kolonel Inf. Wismoyo Arismunandar yang semula Dan Grup 1 Kopassandha, sedangkan jabatan Dan Grup 1 Kopassandha diserahkan kepada penggantinya yaitu Letkol Inf. Yusman Yutam yang semula menjabat Wadan Grup 1 Kopassandha.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

2 COMMENTS

  1. masukan buat hobbymiliter

    pop up nya bikin minat baca artikel nya jadi kurang sedap..

    masa tiap ganti page muncul terus dan harus di close

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Kisah Operasi Trikora: Pesawat Pak Harto Nyaris Ditembak Belanda!

Kisah Operasi Trikora: Pesawat Pak Harto Nyaris Ditembak Belanda!

0
Kisah Operasi Trikora: Pesawat Pak Harto Nyaris Ditembak Belanda! - HobbyMiliter.com. Pada saat operasi Trikora komando pembebasan Irian Barat digelar, sebuah pesawat transport Convair...

Recent Comments