Friday, April 26, 2024
HomeProfil Grup 1 Kopassus Serang

Profil Grup 1 Kopassus Serang

Di tahun 1984 Denpur-11 yang semula di Cijantung juga digeser ke Serang, Jawa Barat. Akhir tahun ini pula terjadi reorganisasi di ABRI menuju satuan yang kecil dan efektif.

Prajurit Grup 1 Kopassus
Prajurit Grup 1 Kopassus

Regrupping Kopassus telah menghasilkan terbentuknya Satuan Grup 1 Kopassus yang pada tanggal 31-3-1986 berdasarkan Surat Keputusan Kasad ditetapkan menjadi Grup 1 Kopassus. Grup 1 Kopassus terdiri atas 2 Batalyon operasional yaitu 1 Batalyon berkemampuan Parako dan 1 Batalyon berkemampuan Sandha (Sandi Yudha).

Di tahun 1996 Grup 1 Kopassus mengalami validasi organisasi kembali yaitu menambah satu Batalyon yang semula dua Batalyon. Perubahan ini juga merubah motto Grup 1 Kopassus yang semula “SENYAP DAN CEPAT’’ kembali menjadi “EKA WASTU BALADIKA”. Sementara tiga batalyon lainnya, memiliki motto sendiri-sendiri, Batalyon-11 dengan motto “ATULO SENA BALADIKA” yang berarti pasukan prajurit pilihan yang tak tertandingi, Batalyon-12 bermotto “ASABHA SENA BALADIKA” yang berarti prajurit pilihan yang pemberani dan Batalyon-13 bermotto “THIKKAVIRO SENA BALADIKA” yang berarti pasukan prajurit pilihan yang memiliki semangat luar biasa. Saat ini pun sudah ada Batalyon-14 Grup 1.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

2 COMMENTS

  1. masukan buat hobbymiliter

    pop up nya bikin minat baca artikel nya jadi kurang sedap..

    masa tiap ganti page muncul terus dan harus di close

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pengertian Ideologi Pancasila

Pengertian Ideologi Pancasila Serta Berbagai Fungsi Pancasila

0
Pengertian Ideologi Pancasila Serta Berbagai Fungsi Pancasila - HobbyMiliter.com - Pengertian Ideologi Pancasila yang dianut Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah bahwa berbagai nilai yang...

Recent Comments