Saturday, February 24, 2024
HomeProfil Grup 1 Kopassus Serang

Profil Grup 1 Kopassus Serang

Di tahun 1984 Denpur-11 yang semula di Cijantung juga digeser ke Serang, Jawa Barat. Akhir tahun ini pula terjadi reorganisasi di ABRI menuju satuan yang kecil dan efektif.

Prajurit Grup 1 Kopassus
Prajurit Grup 1 Kopassus

Regrupping Kopassus telah menghasilkan terbentuknya Satuan Grup 1 Kopassus yang pada tanggal 31-3-1986 berdasarkan Surat Keputusan Kasad ditetapkan menjadi Grup 1 Kopassus. Grup 1 Kopassus terdiri atas 2 Batalyon operasional yaitu 1 Batalyon berkemampuan Parako dan 1 Batalyon berkemampuan Sandha (Sandi Yudha).

Di tahun 1996 Grup 1 Kopassus mengalami validasi organisasi kembali yaitu menambah satu Batalyon yang semula dua Batalyon. Perubahan ini juga merubah motto Grup 1 Kopassus yang semula “SENYAP DAN CEPAT’’ kembali menjadi “EKA WASTU BALADIKA”. Sementara tiga batalyon lainnya, memiliki motto sendiri-sendiri, Batalyon-11 dengan motto “ATULO SENA BALADIKA” yang berarti pasukan prajurit pilihan yang tak tertandingi, Batalyon-12 bermotto “ASABHA SENA BALADIKA” yang berarti prajurit pilihan yang pemberani dan Batalyon-13 bermotto “THIKKAVIRO SENA BALADIKA” yang berarti pasukan prajurit pilihan yang memiliki semangat luar biasa. Saat ini pun sudah ada Batalyon-14 Grup 1.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

2 COMMENTS

  1. masukan buat hobbymiliter

    pop up nya bikin minat baca artikel nya jadi kurang sedap..

    masa tiap ganti page muncul terus dan harus di close

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Amerika Pinjamkan Senjata Nuklir Ke Anggota NATO, Termasuk Turki

Amerika Pinjamkan Senjata Nuklir Ke Anggota NATO, Termasuk Turki

31
Amerika Pinjamkan Senjata Nuklir Ke Anggota NATO, Termasuk Turki - HobbyMiliter.com. Dalam membangun sebuah kekuatan penggentar bersenjata nuklir, mulai tahun 1957 diputuskan bahwa Amerika...

Recent Comments