Saturday, April 27, 2024
HomePesawat Angkut Tiongkok Generasi Terbaru, Xian Y-20, Resmi Dioperasikan

Pesawat Angkut Tiongkok Generasi Terbaru, Xian Y-20, Resmi Dioperasikan

6-pesawat-angkut-xian-y-20
Pesawat Angkut Xian Y-20. Sumber: China Aviation Daily

AU Tiongkok juga telah merancang pola pelatihan penerbangan Y-20 khusus untuk masyarakat sipil, serta sekolah penerbangan khusus untuk kadet angkatan udara.

Pesawat angkut tersebut dikembangkan oleh BUMN Tiongkok, Aviation Industri Corporation of China (AVIC), dan pertama kali diterbangkan pada Januari 2013 silam, 5 tahun setelah pengembangannya.

Xinhua mencatat pesawat tersebut pertama kali diserahkan kepada AU Tiongkok pada bulan Juni silam.

Komando Pasukan Udara PLA mengatakan Xian Y-20 akan banyak berperan untuk membantu operasi pengiriman logistik militer secara non-stop di seluruh wilayah komando militer daratan Tiongkok.

BACA JUGA :  Pesawat Militer China Kembali Masuki Ruang Udara Taiwan

“(Pesawat) ini juga akan membantu (Tiongkok) untuk berpartisipasi dalam kerjasama internasional, misi perdamaian, serta kemanusiaan,” catat Xinhua.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pesawat Latih T50A Capai 100 Sorti Penerbangan

Pesawat Latih T50A Capai 100 Sorti Penerbangan

0
Hobbymiliter.com - Pesawat Latih T50A Capai 100 Sorti Penerbangan. Lockheed Martin, perusahaan produsen pesawat tempur asal Amerika Serikat, berhasil membukukan catatan baru dalam rangkaian sejarah perusahaan...

Recent Comments