Saturday, April 20, 2024
HomeTiongkok dan Korea Utara Bahas Program Nuklir Di Pertemuan Menlu Se-Asean

Tiongkok dan Korea Utara Bahas Program Nuklir Di Pertemuan Menlu Se-Asean

30-tiongkok-dan-korea-utara-bahas-program-nuklir-di-pertemuan-menlu-asean
Ilustrasi. Sumber: The Telegraph

Demi menekan aksi provokasi Korut, Maret silam, Amerika Serikat menggagas resolusi PBB yang berisi sanksi kepada Korut. Sanksi ini disetujui oleh segenap negara anggota Dewan Keamanan PBB, termasuk Tiongkok yang selama ini dianggap sebagai pelindung diplomatik dan penolong ekonomi Korut.

Washington juga menekan Beijing untuk memanfaatkan daya tawarnya dan memberi sanksi yang lebih keras supaya Korut semakin terisolasi dan akhirnya jatuh ke ambang kebangkrutan.

Namun Beijing lebih bersikap hati-hati terhadap langkah yang akan mereka ambil terhadap situasi Korut. Tiongkok khawatir jika rezim Kim Jong-Un jatuh, maka banyak warga Korut yang akan mengungsi ke perbatasannya, sehingga peta kekuatan internasional berbalik ke arah Amerika Serikat.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Kawasaki P1 Pesawat Patroli Maritim

Mengenal Kawasaki P1 Pesawat Patroli Maritim Baru dari Jepang

2
Mengenal Kawasaki P1 Pesawat Patroli Maritim Baru dari Jepang - HobbyMiliter.com. Jepang sadar betul posisi dan kondisi geografisnya sebagai negeri kepulauan. Terlebih dalam hubungan dengan...

Recent Comments