Pasang Sistem THAAD Milik AS, Tiongkok Sebut Korsel Khianati Sikap Saling Percaya

0
1584
China's Foreign Minister Wang Yi arrives at a meeting at the sidelines of the ASEAN foreign ministers meeting in Vientiane

Hobbymiliter.com – Tiongkok menyalahkan Korea Selatan atas hilangnya sikap saling percaya diantara kedua negara. Hal ini dikarenakan Seoul telah setuju untuk memasang sistem pertahanan rudal Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) milik Amerika Serikat di wilayah negaranya. Padahal, Beijing sama sekali tidak setuju dengan langkah tersebut.

Kantor berita Yonhap di Seoul menyebutkan bahwa Seoul dan Washington telah setuju untuk meluncurkan Sistem THAAD di wilayahnya demi menangkal ancaman serangan rudal nuklir yang saat ini terus diujicobakan oleh Korea Utara.

BACA JUGA :  Pelatihan Penggunaan ATGM Javelin TNI-AD

Kebijakan untuk memasang sistem pertahanan canggih tersebut memicu amarah Beijing dan Moskow yang menuduh Washington ingin memperlebar sendi-sendi militernya di Asia Timur.

“Tindakan yang dijalankan oleh Korea Selatan akhir-akhir ini telah merusak rasa saling percaya diantara kami,” kata Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi saat ditemui oleh wartawan sebelum mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Korea Utara disela-sela pertemuan Menlu se-Asean di Vientiane, Laos.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here