Tuesday, March 19, 2024
HomeDuterte Ancam Buat “Perhitungan” dan Bertaruh Nyawa Lawan Tiongkok

Duterte Ancam Buat “Perhitungan” dan Bertaruh Nyawa Lawan Tiongkok

Hobbymiliter.com – Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengancam akan membuat perhitungan dengan Tiongkok jika negeri tirai bambu tersebut tidak bisa mencapai kata sepakat soal sengketa klaim perairan Laut Cina Selatan.

Seperti diketahui, sebulan silam, pengadilan tribun di Den Haag, Belanda, memutuskan bahwa Tiongkok tidak memiliki hak secara legal untuk mengklaim perairan dengan nilai ekonomi paling menguntungkan di dunia tersebut. Putusan ini membuat Filipina, sebagai negara penggugat, menang.

Duterte kerap menekankan supaya tidak mengambil langkah agresif yang dapat memicu kemarahan Tiongkok, dan beberapa kali mengirim utusan untuk meredakan ketegangan antar kedua negara. Namun, Rabu (24/8) kemarin, Duterte memberi sinyal bahwa dirinya akan membuat pendekatan yang lebih keras.

BACA JUGA :  Duterte Akan Adakan Latihan Militer Gabungan Bersama Tiongkok dan Rusia

“Untuk saat ini, kami tidak akan memanas-manaskan suasana mengingat putusan (pengadilan) tersebut, namun ada masanya dimana kami akan membuat perhitungan (dengan Tiongkok) mengenai masalah ini,” kata Duterte saat berbicara di kamp militer pasukan Filipina.

Tiongkok sendiri memilih untuk mengabaikan putusan tersebut. Pihaknya sudah berupaya untuk mengadakan perundingan langsung dengan Filipina, namun bersikeras klaimnya atas Laut Cina Selatan tidak boleh diganggu.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Zastava M48 "Indonesian Police Carbine" , Senjata POLRI yang terlupakan

Zastava M48 “Indonesian Police Carbine” , Senjata POLRI yang terlupakan

1
Hobbymiliter - Zastava M48 "Indonesian Police Carbine" , Senjata  POLRI yang terlupakan. pada beberapa hari terakhir ini, media kita diguncangkan dengan kasus Dimas Kanjeng alias Taat...

Recent Comments