Banner Launching KPC 40 M
Spanduk Ucapan Selamat dalam acara Launching 3 Unit Kapal Patroli Cepat di PT. Palindo Marine, Batam.Sumber : Istimewa

Kamis, 23 September 2016, telah dilaksanakan kegiatan Launching Tiga Unit Kapal Patroli Cepat ukuran 40 meter produksi Dalam Negeri di PT. Palindo Marine Batam. Adapun ketiga kapal tersebut dinamai KRI Tatihu dengan nomor lambung 853, KRI Layaran dengan nomor lambung 854, serta KRI Madidihang dengan nomor lambung 855.

KPC 40 Meter launched
Tiga Unit Kapal Patroli Cepat 40 Meter, urut dari kanan : KRI Tatihu 853 ; KRI Layaran 854 ; KRI Madidihang 855.
Sumber : Istimewa

Ketiga kapal tersebut sebagai bagian dari program penambahan kekuatan serta peremajaan armada Kapal Patroli yang dimiliki TNI AL. Kapal Patroli Cepat 40 (KPC 40) adalah desain kapal patroli dengan ukuran panjang 40 Meter yang dibuat dan dikembangkan di dalam negeri oleh beberapa perusahaan Galangan Kapal Swasta Nasional.

Baca juga :   Pasukan Suriah Semakin Dekat Ke Turki Setelah Kuasai Utara Aleppo
KRI Layaran 854 Menjelang Peluncuran nya di galangan kapal PT. Palindo Marine, Batam. Sumber : Istimewa.
KRI Layaran 854 Menjelang Peluncuran nya di galangan kapal PT. Palindo Marine, Batam.
Sumber : Istimewa.

Kapal Patroli Cepat nantinya akan diperuntukkan sebagai unit reaksi cepat yang dapat ditempatkan di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) dan atau Pos Angkatan Laut (Posal). Untuk menunjang misi tersebut, telah ditanamkan perangkat elektronik Mission Management System dalam sistem kendali kapal.

Karena di desain untuk melaksanakan tugas patroli dan reaksi cepat, maka Kapal Patroli Cepat 40 meter ini tidak dilengkapi dengan senjata kelas berat seperti meriam kaliber besar atau peluru kendali anti kapal. Sebagai senjata utama dari kapal – kapal ini yakni meriam kaliber 20 dan atau 30 milimeter. Selain meriam utama kaliber 20 atau 30 milimeter, KPC 40 juga dilengkapi dengan senapan mesin kaliber 12,7 milimeter sebagai senjata tambahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here