Thursday, July 18, 2024
HomeAS dan Tiongkok Siaga Perang Radar Elektronik Di Laut Cina Selatan

AS dan Tiongkok Siaga Perang Radar Elektronik Di Laut Cina Selatan

Fasilitas radar yang ditempatkan Tiongkok di Laut Cina Selatan. Sumber: CSIS
Fasilitas radar yang ditempatkan Tiongkok di Laut Cina Selatan. Sumber: CSIS

“(Jaringan radar) ini memungkinkan Tiongkok untuk meningkatkan akurasi tembak rudal balistik anti kapal mereka, hingga mampu menangkis ancaman berkelompok yang dilakukan oleh target bergerak, seperti kelompok jet pengangkut tempur,” ungkap artikel tersebut.

Ditambah, fasilitas radar tersebut juga memungkinkan Beijing untuk menghambat dan mengganggu radar dan sensor elektronik musuh.

Di sisi lain, Amerika Serikat semakin bersiaga untuk berlaga melawan Tiongkok dalam hal kemampuan perang elektronik di regional Laut Cina Selatan. Contoh teranyar adalah pesawat US Navy EA-18G Growler dengan kemampuan serangan elektronik, yang sempat dikirim ke Filipina bulan Juni silam. Pesawat tempur jenis ini mampu menghambat jaringan komunikasi radar layaknya fasilitas yang dibangun oleh Tiongkok di Laut Cina Selatan.

BACA JUGA :  China Beri Sanksi Lockheed Martin Dan Raytheon

Situasi semacam ini semakin memungkinkan kedua negara untuk bertempur satu sama lain demi memperlihatkan kekuatan senjata elektronik mereka dan meluncurkan lebih banyak aset electronic warfare demi mengungguli satu sama lain.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Rustom-II in flight test

Rustom-II UAV Tuntaskan Penerbangan Perdana

0
HobbyMiliter.com - Rustom-II UAV, sebuah wahana pesawat tanpa awak produksi dalam negeri India telah menyelesaikan penerbangan perdananya. Uji terbang perdana untuk UAV ini telah...

Recent Comments