Thursday, April 18, 2024
HomeAS Serukan Agar Turki Berhenti Serang Pasukan Kurdistan

AS Serukan Agar Turki Berhenti Serang Pasukan Kurdistan

Tank Turki menuju perbatasan dengan Jarablus, Suriah. Sumber: Umit Bektas/Reuters
Tank Turki menuju perbatasan dengan Jarablus, Suriah. Sumber: Umit Bektas/Reuters

YPG memiliki andil besar dalam pertempuran melawan ISIS di wilayah utara Suriah yang menjadi pusat kekuasaan mereka. Namun pekan silam, basis mereka di Kota Jarablus dirusak oleh pasukan Turki dengan mengklaim bahwa mereka harus melakukannya demi memukul kelompok ISIS keluar dari kota tersebut.

Ankara juga mengatakan bahwa operasi militer yang mereka lakukan bertujuan untuk “membersihkan” wilayah perbatasan mereka dengan Suriah, menghapuskan ISIS, dan mencegah pasukan Kurdi mencengkeram wilayah tersebut jika sudah terjadi kekosongan kekuasaan.

Namun Pentagon menyebut penyerangan Turki di daerah dimana keberadaan ISIS tidak terdeteksi adalah hal yang “tidak bisa diterima dan merupakan sumber penyesalan yang mendalam.”

BACA JUGA :  Bantu Sergap ISIS di Mosul, Inggris Gunakan Kemampuan Perang Siber

Carter menyebut Ketua Gabungan Kepala Staf Angkatan Militer AS, Jenderal Joseph Dunford dan panglima militer Turki sudah mendiskusikan perihal isu tersebut hari Minggu (28/8) kemarin. Ia juga akan menemui Menteri Pertahanan Turki dalam tur Eropa pekan mendatang.

Sementara itu, Presiden AS Barack Obama akan mendiskusikan perang melawan ISIS bersama dengan Erdogan di sela-sela pertemuan G20 di Tiongkok, Minggu depan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

17-laksamana-tiongkok-peringatkan-as-soal-aksi-provokasi-di-laut-cina-selatan

Laksama AL Tiongkok Peringatkan AS Soal Aksi Provokasi Di Laut Cina...

0
Hobbymiliter.com - Beberapa bulan terakhir, Pentagon kerap melancarkan aksi provokatif atas nama “kebebasan berlayar” dengan berpatroli sejauh 12 mil dari batas territorial proyek reklamasi...

Recent Comments