Friday, July 3, 2020
Home Parlemen AS Siap Membalikkan Veto Obama Soal UU 11 September

Parlemen AS Siap Membalikkan Veto Obama Soal UU 11 September

Hobbymiliter.com – Presiden AS Barack Obama telah menggunakan hak vetonya untuk mencabut rancangan undang-undang “Justice Against Sponsors of Terrorism Act” atau yang dijuluki The 9/11 Bill. Jika disahkan menjadi undang-undang, maka keluarga korban teror 11 September 2011 akan dimungkinkan untuk mengadukan Arab Saudi ke pengadilan dan meminta ganti rugi.

Pasca melakukan veto, Obama berpesan bahwa undang-undang semacam ini akan berpengaruh negatif dan berpotensi “merusak” kepentingan keamanan nasional Amerika serta negara-negara sekutunya.

Rancangan undang-undang yang telah disetujui oleh Kongres AS pada 9 September silam, kata Obama “tidak akan meningkatkan keamanan warga Amerika dari serangan terorisme, dan malah mengganggu kepentingan AS yang paling mendasar.” Obama juga mengaku keluarga korban belum tentu akan mendapat keadilan melalui undang-undang tersebut.

BACA JUGA :  Nasib AIM-9X Sidewinder Block II Di Indonesia

Komite Uni Eropa juga menyatakan dukungannya kepada Obama untuk memveto rancangan undang-undang tersebut. Mereka memperingatkan bahwa aturan semacam ini akan “membebani hubungan bilateral antara negara-negara di dunia.”

Sejak rancangan “The 9/11 Bill” dicanangkan, Arab Saudi dan negara-negara teluk sangat menentang gagasan tersebut. Riyadh mengancam akan menjual seluruh cadangan devisa dollar AS senilai $750 miliar (9700 triliun rupiah) yang mereka miliki jika RUU tersebut disahkan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Sejarah Insiden Bawean: Aksi Koboi F/A-18 US Navy di Atas Laut Jawa

Sejarah Insiden Bawean: Aksi Koboi F/A-18 US Navy di Atas Laut Jawa - HobbyMiliter.com. Aksi koboi udara Amerika Serikat pernah terjadi tanggal 3 Juli 2003...

Modifikasi Heli Serang Bell AH-1J, Langkah Iran Merevitalisasi Kekuatan Militer

Modifikasi Heli Serang Bell AH-1J, Langkah Iran Merevitalisasi Kekuatan Militer - HobbyMiliter.com. Seiring meningkatnya ketegangan, menyusul mundurnya Amerika Serikat dari kesepakatan damai yang ditandatangani era...

Mengenal Kawasaki P1 Pesawat Patroli Maritim Baru dari Jepang

Mengenal Kawasaki P1 Pesawat Patroli Maritim Baru dari Jepang - HobbyMiliter.com. Jepang sadar betul posisi dan kondisi geografisnya sebagai negeri kepulauan. Terlebih dalam hubungan dengan...

Foto Foto Kuburan Pesawat Tempur Rusia di Lebyazhye

Menengok Kuburan Pesawat Tempur Rusia di Lebyazhye - HobbyMiliter.com -  Lebyazhye Air Force Base dulunya adalah pangkalan udara militer milik Angkatan Udara Rusia. Pangkalan...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua