John Kerry: AS Bersatu Dengan Sekutunya Soal Laut Cina Selatan

0
876
63-as-tetap-bersama-sekutunya-soal-laut-cina-selatan
Menlu AS John Kerry saat berkunjung ke India pekan silam. Sumber: Reuters

Hobbymiliter.com – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry menyatakan negaranya akan terus bersatu dengan para sekutunya untuk mempertahankan prinsip kebebasan berlayar di Laut Cina Selatan, pasca putusan pengadilan arbitrase di Den Haag, Belanda.

Dalam kunjungannya ke New Delhi pekan silam, John Kerry menyerukan kepada Tiongkok dan Filipina untuk mematuhi putusan tersebut, sembari menegaskan bahwa “mustahil dilakukan solusi militer” terhadap sengketa tersebut.

Kerry mengatakan Amerika Serikat sendiri tidak punya klaim apa-apa soal Laut Cina Selatan yang merupakan jalur perdagangan paling menguntungkan di dunia, namun akan bertindak demi mempertahankan kebebasan berlayar.

BACA JUGA :  Bantu Operasi Perebutan Mosul, AS Kirim 600 Pasukan Lagi Ke Irak

“Sudah sangat jelas kami sampaikan, bahwa kami akan berdiri tegak demi hak-hak kami dan kami akan terus berdiri bersama para sekutu kami,” kata Kerry.

“AS dan negara lainnya akan bersatu padu untuk menghormati kebebasan berlayar, norma dan standar hukum perairan, serta aturan hukum internasional yang berlaku, dengan menghormati akses perairan luas,” kata Kerry saat mengisi kuliah umum di insitut teknologi Delhi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here