Tuesday, January 18, 2022
HomeLawan Tiongkok, India Pinjamkan $500 Juta Kepada Vietnam

Lawan Tiongkok, India Pinjamkan $500 Juta Kepada Vietnam

Hobbymiliter.com – India mengatakan pihaknya akan meminjamkan 500 juta dollar untuk memperkokoh hubungan pertahanan diantara keduanya. Ini adalah langkah terbaru dari dua negara yang kini bersekutu dengan Amerika Serikat tersebut, untuk menangkal upaya Tiongkok dalam menguasai perairan Laut Cina Selatan.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengemukakan hal tersebut ketika berkunjung ke Hanoi, Vietnam. Vietnam sendiri dalam beberapa tahun terakhir banyak melakukan belanja militer untuk mengembangkan dan meremajakan persenjataan militernya, demi menghadapi sengketa melawan Beijing soal Laut Cina Selatan yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

BACA JUGA :  Napi Nusakambangan Jadi Dalang Pengemboman Thamrin?

“Saya sangat bahagia mengumumkan kredit (anggaran) pertahanan untuk Vietnam sebesar 500 juta dollar demi memfasilitasi kerjasama pertahanan yang lebih dalam,” kata Modi di hadapan para wartawan usai menandatangani kesepakatan tersebut.

Modi tidak mengungkapkan secara spesifik isi dari perjanjian tersebut, namun biasanya, kredit semacam itu akan mengharuskan Vietnam untuk menandatangani kontrak dengan perusahaan-perusahaan India.

Sekitar 50 persen dari total perdagangan India diangkut melewati perairan Laut Cina Selatan yang kini banyak dibangun pulau buatan dan fasilitas pertahanan oleh Tiongkok.

Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

14-inggris-cegat-pengebom-tupolev-tu-160-rusia

Royal Air Force Inggris Cegat Pengebom Tupolev Tu-160 Rusia di Atlantik

0
Hobbymiliter.com - Pesawat pengebom Tupolev Tu-160 Blackjack milik AU Rusia kerap melakukan misi perjalanan panjang di udara. Entah itu sebatas latihan atau operasi militer....

Recent Comments