Korps Marinir RI Gelar Pelatihan Alkom DDF Generasi Terbaru
Korps Marinir RI Gelar Pelatihan Alkom DDF Generasi Terbaru. Teknisi dari Jerman Memberikan Pelatihan Kepada Prajurit Korps Marinir RI tentang Penggunaan Alkom DDF Terbaru Tipe 550.Sumber : IMF

HobbyMiliter.com – Korps Marinir RI Gelar Pelatihan Alkom DDF Generasi Terbaru. Korps Marinir RI melaksanakan kegiatan (giat) latihan penggunaan alat komunikasi atau alkom Digital Direction Finder tipe 550, pada hari Senin, 15 Mei 2017. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Markas Batalyon Komunikasi dan Peperangan Elektronika (Yonkomlek) 2, Resimen Bantuan Tempur (Menbanpur) 2 Marinir, Jakarta.

Korps Marinir RI sebelumnya juga telah memiliki dan mengoperasikan alat komunikasi atau alkom sejenis yakni Monitoring and Observation Direction Finder (Monob DF) yang berbentuk Komunikasi Mobile (Komob) yang sudah sering digunakan oleh Korps Marinir RI dalam berbagai latihan dan operasi baik itu operasi militer perang (OMP) maupun operasi militer selain perang (OMSP). Sedangkan untuk alat komunikasi atau alkom DDF tipe 550 merupakan alat komunikasi mobile generasi terbaru dari komob generasi pertama yang saat ini sedang diupgrade teknologinya dari teknologi monolog ke teknologi digital.

Baca juga :   Rompi anti peluru dari "Star Wars"

Pelatihan alat komunikasi atau Alkom jenis DDF tipe 550 tersebut diikuti 26 orang peserta perwakilan dari Batalyon Komunikasi dan Peperangan Elektronika atau Yonkomlek-1 Mar Surabaya, Yonkomlek-2 Mar Jakarta, serta Dinas Komunikasi dan Peperangan Elektronika (Diskomlek) Korps Marinir. Adapun Korps Marinir RI mendatangkan secara langsung teknisi Alkom tersebut dari perusahaan Ronde & Schwarz sebagai pemateri dalam giat kali ini. Adapun materi pelatihan yang disampaikan teknisi Ronde & Schwarz yang didatangkan langsung dari Jerman tersebut antara lain  System Overview, Layout and Equipment, Signal Within the Electromagnetic Spectrum, DF Basic And Direction Finder, Mission Preparation: System Deployment Considerations, Monitoring Operation, Further System Related Practical Use and Hands-on Dan System Maintenance. Khusus untuk hari pertama, materi pelatihan difokuskan pada pengenalan radio Manpack 1555 sebagai kelengkapan DDF 550.

Baca juga :   Bersiap Hadapi PD III, Rusia Pertimbangkan Buka Pangkalan Militer Di Vietnam dan Kuba

Alkom DDF tipe 550 generasi terbaru ini mempunyai kelengkapan sistem Digital Direction Finder with R & S DDF 550, Direction Finder Antena With R & S ADD253, Monitoring R&S HE 010 (HF Band), Satellar dan Laptop Monitoring R & S. Seperti generasi sebelumnya, Alkom jenis DDF tipe 550 ini dalam pengoperasiannya ditempatkan  di dalam kendaraan Double Cabin merk Toyota Hilux.  Kelebihan alat komunikasi atau Alkom ini adalah dapat menentukan lokasi dari suatu Transmiter atau pemancar sinyal milik lawan dengan panduan dari sumber Transmiter atau pemancar itu sendiri.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA UNTUK ANDA