Thursday, April 25, 2024
HomeUnik, Polisi Belanda Gunakan Burung Elang Untuk Memburu Drone Ilegal

Unik, Polisi Belanda Gunakan Burung Elang Untuk Memburu Drone Ilegal

“Ini adalah solusi berteknologi rendah yang dapat (menyelesaikan) masalah berteknologi tinggi,” ujar jurubicara kepolisian Dennis Janus.

Kepolisian Belanda sebelumnya pernah melakukan pertarungan adu cepat antara elang dan drone pada 2015 silam. Kini, pihaknya yakin hewan tersebut dapat menjadi solusi ideal untuk menangkal semakin banyaknya drone yang kerap mengganggu penerbangan dan mengintip lokasi rahasia.

“Kami menyadari bahwa (elang) merupakan salah satu tindakan balasan yang paling efektif untuk melawan drone yang semakin liar dan tidak bersahabat,” ujar kepala operasi polisi Michel Baeten.

BACA JUGA :  Lithuania Terima Unit Pertama IFV Vilkas

Selama periode ujicoba, “tidak ada seekorpun elang yang terluka. Sebaliknya, seluruh drone tidak ada yang selamat,” ujar Janus untuk menenangkan kekhawatiran dari kelompok pecinta hewan.

Namun dalam demonstrasi tersebut, elang yang dipertontonkan beberapa kali tidak dapat mengenai sasaran. Janus berpendapat, “(Elang) adalah seekor burung, bukan robot. Solusi ini bukan tanpa cacat. Suhunya sangat panas hari ini dan saya diberitahu bahwa seekor burungpun bisa terpengaruh kondisi cuaca,” ujarnya.

Meski begitu, Kepolisian Belanda menekankan bahwa elang anti drone yang mereka latih memiliki tingkat efektivitas diatas 80 persen.

BACA JUGA :  Tiongkok Resmi Produksi Jet Tempur Siluman J-20 Secara Massal

Sekitar 100 personil polisi akan dilatih untuk bekerjasama dengan pasukan burung elang tersebut untuk “menjaga keamanan dari atas udara.”

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Unit UAV MQ4C Triton Yang Mulai Dioperasikan VUP-19

US Navy Resmikan Operasional UAV MQ4C Triton

0
US Navy Resmikan Operasional UAV MQ4C Triton - HobbyMiliter.com - Angkatan Laut Amerika Serikat atau biasa disebut US Navy mulai meresmikan operasional nya unit...

Recent Comments