Saturday, April 20, 2024
HomeBoeing Perkenalkan Pesawat Latih T-X Untuk US Air Force

Boeing Perkenalkan Pesawat Latih T-X Untuk US Air Force

Pesawat latih Boeing-Saab T-X. Sumber: Boeing
Pesawat latih Boeing-Saab T-X. Sumber: Boeing

Selain menggunakan beberapa teknologi F/A-18 Super Hornet buatan Boeing, pesawat latih ini juga mengambil konsep dari Gripen, jet tempur lintas fungsi buatan Saab. Boeing sendiri sudah menyiapkan satu purwarupa siap jalan yang dapat diterbangkan sebelum akhir tahun ini. Sementara unit keduanya masih dalam tahap ujicoba struktural.

Kontrak pengadaan pesawat latih US Air Force ini sendiri bernilai $11 miliar (144 triliun rupiah). Untuk memenangkannya, Boeing dan Saab harus bertarung keras melawan Lockheed Martin yang menggandeng Korea Aerospace Industries (KAI) dalam mengembangkan pesawat latih T-50A; serta Northtrop Grumman yang menggandeng BAE System (Inggris) dan L-3 Communications untuk mengembangkan T-X Model 400 yang baru saja melakoni penerbangan perdananya pada Agustus silam. Terakhir, ada kuartet Raytheon, CAE (Prancis), Honeywell Aerospace, dan Leonardo-Finmeccanica (Italia) yang telah mengembangkan pesawat latih T-100, hasil modifikasi Alenia Aermacchi M-346 Master yang dipakai oleh AU Italia dan Israel.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

89-filipina-pesan-dua-kapal-fregat-ke-korea-selatan

Filipina Teken Kontrak Dengan Korsel Untuk Pembelian Dua Kapal Fregat

0
Hobbymiliter.com - Filipina resmi menandatangani kontrak senilai $337 juta (4,3 triliun rupiah) pada hari Selasa, 25 Oktober 2016 untuk membeli dua kapal fregat dari...

Recent Comments