Thursday, March 28, 2024
HomeBoeing Perkenalkan Pesawat Latih T-X Untuk US Air Force

Boeing Perkenalkan Pesawat Latih T-X Untuk US Air Force

Hobbymiliter.com – US Air Force sedang mencari pesawat latih pengganti T-38 Talon yang kini sudah menua dengan jumlah total 350 unit. Tiga tim sudah mendaftarkan rancangan pesawatnya untuk ditawarkan kepada US Air Force. Penantang terakhir yang memperkenalkan diri adalah Boeing, yang bekerjasama dengan Saab, pabrikan dirgantara Swedia.

Boeing-Saab baru saja memperkenalkan pesawat latih dua awak berkecepatan supersonik rancangan mereka. Presiden Keamanan, Pertahanan, dan Dirgantara Boeing, Leanne Caret mengatakan dalam pernyataan pers bahwa rancangan “pesawat latih T-X kami adalah pilihan yang nyata, siap sedia, dan sangat tepat bagi para pilot latih hingga beberapa generasi mendatang.”

BACA JUGA :  Menhan RI Kunjungi Swedia

Pesawat latih T-X rancangan Boeing didesain khusus untuk terbang layaknya jet tempur dengan konfigurasi ekor pesawat ganda yang sekilas mirip dengan F-35 dan F-22. Ekor ganda akan memberi pesawat latih tersebut kendali optimal dalam kecepatan berapapun.

Boeing T-X menggunakan turbin tunggal GE F404 berspesifikasi afterburn turbofan. Turbin ini sama dengan yang dimiliki oleh jet tempur F/A-18 Super Hornet, sehingga memudahkan pilot latih untuk merasakan gaya gravitasi dan serangan berbelok di ketinggian. Diharapkan pilot dapat merasakan penerbangan layaknya operasi jet tempur sesungguhnya.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Drone S70

Angkasa Yudha 2016 : Drone S70, Drone Target Latihan Sudah Disiapkan...

0
Dalam latihan tempur Angkasa Yudha 2016 yang dilangsungkan sejak Selasa, 27 september 2016, TNI AU menunjukkan kemampuannya dalam melaksanakan operasi – operasi militer baik...

Recent Comments