Friday, July 26, 2024
HomeBunuh Pasukan Pemerintah Suriah, AS: “Serangan Kami Tidak Disengaja”

Bunuh Pasukan Pemerintah Suriah, AS: “Serangan Kami Tidak Disengaja”

Hobbymiliter.com – Komando Militer Amerika Serikat Wilayah Timur Tengah (US Central Command/CENTCOM) mengeluarkan pernyataan resmi pasca serangan udara Amerika Serikat yang menargetkan titik pertahanan pasukan Suriah dan menewaskan 60 orang.

CENTCOM mengatakan pihaknya mengaku secara resmi bahwa mereka bersalah atas penyerangan pasukan pemerintah Suriah. Namun, Komando Militer AS Timteng beranggapan bahwa tadinya mereka menyerang posisi kelompok ISIS, sehingga tewasnya pasukan koalisi Bashar al-Assad dianggap sebagai “sesuatu yang tidak disengaja.”

Dalam serangan yang terjadi di daerah Deir ez-Zor (Dayr az-Zawr) pada Sabtu (17/9) kemarin, dua unit jet tempur F-16 dan dua pesawat serangan darat A10 meluncur dari perbatasan Irak tanpa seizin dari otoritas Assad. Serangan udara AS menyebabkan posisi tentara pemerintah Suriah menjadi terdesak dan memberi keuntungan bagi kelompok ISIS yang tadinya hampir mengalami kekalahan.

BACA JUGA :  Purwarupa MPF Medium Tank AS Masuki Tahap Ujicoba Pasukan

Kementerian Pertahanan Rusia langsung mengeluarkan reaksi keras atas serangan tersebut. “Jika serangan udara tersebut digerakkan tanpa adanya koordinasi yang tepat, maka itu merupakan konsekuensi yang harus ditanggung Amerika Serikat karena tidak mau mengkoordinasikan langkahnya kepada Rusia,” ujar jurubicara Kemenhan Rusia, Mayjen Igor Konashenkov.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

86-arab-saudi-tawarkan-hadiah-25-miliar-untuk-membocorkan-keberadaan-teroris

Arab Saudi Tawarkan 25 Miliar Untuk Memberitahukan Keberadaan Teroris

0
Hobbymiliter.com - Arab Saudi akan memberi hadiah sebesar 7 juta riyal (25 miliar rupiah) kepada siapa saja yang mau membantu membeberkan informasi mengenai serangan teroris...

Recent Comments