Tuesday, March 26, 2024
HomeMesir Terima 3 Unit Jet Tempur Dassault Rafale Dari Prancis

Mesir Terima 3 Unit Jet Tempur Dassault Rafale Dari Prancis

Hobbymiliter.com – Angkatan Udara Mesir telah menerima tiga jet tempur petarung Dassault Rafale dari Prancis pada hari Kamis (28/1). Demikian disampaikan oleh pejabat kedutaan besar Prancis. Pengiriman ini berselang enam bulan setelah Paris mengirim 3 unit pertama dari total 24 unit yang dipesan oleh Kairo.

Pengiriman jet Rafale ini adalah bagian dari kesepakatan militer bernilai 5,2 miliar euro (77 triliun rupiah) yang ditandatangani oleh Kairo dan Paris pada Februari 2015 silam. Di dalam kesepakatan ini, Prancis akan memasok 24 unit jet multi-role Rafale, sebuah kapal fregat, dan persenjataan rudal.

BACA JUGA :  India Tambah 100 Unit Rudal Siluman BrahMos Ke Perbatasan Tiongkok

Penjualan Rafale ke Mesir menandai ekspor pertama yang diadakan oleh pabrikan asal Prancis, Dassault Aviation.

Juli 2015, Prancis mengirim kapal fregat misi ganda seberat 6000 ton ke Kairo sebagaimana Mesir ingin meningkatkan kemampuan militer demi menjaga stabilitas di wilayah Afrika Utara setelah ISIS muncul di Libya dan beberapa kelompok teroris lainnya mengepung Semenanjung Sinai.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Taiwan Sukses Lakukan Uji Tembak Rudal Anti Kapal

Taiwan Sukses Lakukan Uji Tembak Rudal Anti Kapal

0
Hobbymiliter.com – Taiwan dikabarkan telah sukses melakukan serangkaian kegiatan uji penembakan peluru kendali (rudal) anti kapal baru-baru ini. National Chung-Shan Institute of Science and...

Recent Comments