Mengenal Sachsen Si Fregat Garang Dari Jerman. Keseluruhan 3 Unit Kapal Perang Jenis Fregat Kelas Sachsen Sedang Dalam Pelayaran.
Mengenal Sachsen Si Fregat Garang Dari Jerman. Keseluruhan 3 Unit Kapal Perang Jenis Fregat Kelas Sachsen Sedang Dalam Pelayaran.Sumber : pinterest

HobbyMiliter.com – Mengenal Sachsen Si Fregat Garang Dari Jerman. Mendengar nama Sachsen mungkin sebagian anda akan merasa asing. Namun bagi antusias militer yang paham betul akan nama Sachsen di dunia Angkatan Laut, tentu akan merekomendasikan kapal ini bagi pemenuhan kebutuhan “Real Fregat” untuk TNI Angkatan Laut. HobbyMiliter kali ini membawakan seklumit kisah dibalik nama besar Sachsen sebagai sebuah kapal perang jenis Fregat andalan Deutsche Marine (Angkatan Laut Jerman).

A. Sejarah Singkat Pengembangan

Paska reunifikasi Jerman Barat dan Jerman Timur, Jerman melanjutkan kembali program pembangunan kekuatan Angkatan Laut nya yang kala itu masih bernama Bundesmarine. Konsep awal pembangunan kekuatan tempur milik Angkatan Laut Jerman ini berpusat pada pembangunan kapal – kapal perang jenis Perusak (Destroyers) dan jenis Fregat.

Baca juga :   Sekilas Angkasa Yudha 2016, Latihan Tempur TNI AU di Natuna

Sachsen F124 merupakan kapal perang jenis Fregat yang kedua yang didesain setelah pada awalnya Jerman mendesain dan memproduksi kapal perang jenis Fregat kelas Brandenburg F123 pada awal 1990-an. Pemerintah Jerman mulai memesan Sachsen F124 pada thun 1996 sebanyak tiga unit kapal dengan opsi tambahan unit ke empat yang kemudian tidak dilanjutkan akibat rencana Angkatan Laut Jerman mengembangkan kapal Fregat jenis baru kelas Baden Wurttemberg F125. Kapal pertama dari kelas ini, diberi nama FGS Sachsen dengan nomor lambung F219, kapal kedua diberi nama FGS Hamburg dengan nomor lambung F220, kapal terakhir diberi nama FGS Hessen dengan nomor lambung F221.

Baca juga :   Co-Pilot Sukhoi Su-24 yang Tertembak, Putra Terbaik Russia
Sachsen Meluncurkan Rudal ESSM
FGS Sachsen Meluncurkan Rudal ESSM.
Sumber : seaforces

Secara umum, meski dikategorikan sebagai kapal perang jenis Fregat oleh Angkatan Laut Jerman, namun sejatinya dengan bobot benaman 5.800 ton dan kemampuan anti kapal permukaan, anti kapal selam, serta anti serangan udara, membuat Sachsen dapat disandingkan dengan kapal – kapal perang dari jenis Perusak atau Destroyer.

Unit pertama dari kapal Fregat rasa Destroyer ini mulai berdinas secara resmi di Angkatan Laut Jerman pada akhir tahun 2003. Unit terakhir dari kapal perang kelas Sachsen ini mulai masuk dalam layanan dinas resmi Angkatan Laut Jerman pada tahun 2006. Tujuan utama pembuatan kapal perang kelas Sachsen ini ialah untuk menggantikan kapal perang dari jenis Perusak atau Destroyer kelas Lutjens yang telah berdinas di tubuh Angkatan Laut Jerman selama kurang lebih 30 tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here