Tuesday, March 19, 2024
HomeAlutsistaKapal PerangMengenal Sachsen Si Fregat Garang Dari Jerman

Mengenal Sachsen Si Fregat Garang Dari Jerman

Mengenal Sachsen Si Fregat Garang Dari Jerman – HobbyMiliter.com – Mendengar nama Sachsen mungkin sebagian anda akan merasa asing. Namun bagi antusias militer yang paham betul akan nama Sachsen di dunia Angkatan Laut, tentu akan merekomendasikan kapal ini bagi pemenuhan kebutuhan “Real Fregat” untuk TNI Angkatan Laut. HobbyMiliter kali ini membawakan seklumit kisah dibalik nama besar Sachsen sebagai sebuah kapal perang jenis Fregat andalan Deutsche Marine (Angkatan Laut Jerman).

Sejarah Singkat Pengembangan Fregat Sachsen

Paska reunifikasi Jerman Barat dan Jerman Timur, Jerman melanjutkan kembali program pembangunan kekuatan Angkatan Laut nya yang kala itu masih bernama Bundesmarine. Konsep awal pembangunan kekuatan tempur milik Angkatan Laut Jerman ini berpusat pada pembangunan kapal – kapal perang jenis Perusak (Destroyers) dan jenis Fregat.

Sachsen F124 merupakan kapal perang jenis Fregat yang kedua yang didesain setelah pada awalnya Jerman mendesain dan memproduksi kapal perang jenis Fregat kelas Brandenburg F123 pada awal 1990-an. Pemerintah Jerman mulai memesan Sachsen F124 pada thun 1996 sebanyak tiga unit kapal dengan opsi tambahan unit ke empat yang kemudian tidak dilanjutkan akibat rencana Angkatan Laut Jerman mengembangkan kapal Fregat jenis baru kelas Baden Wurttemberg F125.

BACA JUGA :  Potong Gaji Militan Hingga 50%, ISIS Akan Kehilangan Banyak Anggota

Kapal pertama dari kelas ini, diberi nama FGS Sachsen dengan nomor lambung F219, kapal kedua diberi nama FGS Hamburg dengan nomor lambung F220, kapal terakhir diberi nama FGS Hessen dengan nomor lambung F221.

Sachsen Meluncurkan Rudal ESSM
FGS Sachsen Meluncurkan Rudal ESSM.
Sumber : seaforces

Secara umum, meski dikategorikan sebagai kapal perang jenis Fregat oleh Angkatan Laut Jerman, namun sejatinya dengan bobot benaman 5.800 ton dan kemampuan anti kapal permukaan, anti kapal selam, serta anti serangan udara, membuat Sachsen dapat disandingkan dengan kapal – kapal perang dari jenis Perusak atau Destroyer.

Unit pertama dari kapal Fregat rasa Destroyer ini mulai berdinas secara resmi di Angkatan Laut Jerman pada akhir tahun 2003. Unit terakhir dari kapal perang kelas Sachsen ini mulai masuk dalam layanan dinas resmi Angkatan Laut Jerman pada tahun 2006. Tujuan utama pembuatan kapal perang kelas Sachsen ini ialah untuk menggantikan kapal perang dari jenis Perusak atau Destroyer kelas Lutjens yang telah berdinas di tubuh Angkatan Laut Jerman selama kurang lebih 30 tahun.

BACA JUGA :  China Pasarkan Radar Anti Pesawat Tempur Siluman

Sachsen, Fregat Rasa Destroyer

FGS Hamburg Saat Melaksanakan Pelayaran.
FGS Hamburg Saat Melaksanakan Pelayaran.
Sumber : shipsandharbours

Sachsen merupakan kapal perang yang dikategorikan sebagai Fregat dalam jajaran Angkatan Laut Jerman. Meski demikian, ukuran kasat mata dan begitu besarnya kemampuan yang dimiliki kapal perang ini menjadikannya sejajar dengan kapal perang jenis Destroyer dari negara lain.

Sebut saja bobot benaman yang sangat besar untuk ukuran kapal perang sekelas Fregat pada umumnya. Tak tanggung – tanggung, 5.800 ton bobot benaman kapal ini. Bandingkan dengan bobot benaman dari kapal perang jenis Fregat terbaru dalam tubuh TNI Angkatan Laut, kelas R.E Martadinata yang memiliki bobot benaman “hanya” 2.365 ton saja.

Untuk meriam utama, kapal – kapal perang dari jenis Sachsen diperlengkapi dengan meriam utama Oto Melara kaliber 76 milimeter. Eits, jangan tertipu dengan kaliber meriam nya lho. Sachsen diperlengkapi dengan sistem pertahanan anti serangan udara yang unik dimana ia memiliki 3 lapis pertahanan anti serangan udara berbasis rudal. Lapis pertama, merupakan lapisan rudal anti serangan udara jarak jauh atau dalam istilah kekinian nya disebut Long Range Area Defense Component, terdiri dari kurang lebih 24 unit rudal Standard Missile atau SM-2 Block III A dengan jarak jangkau maksimal hingga 167 kilometer.

BACA JUGA :  Pentagon: Pesawat AS Hampir Bertabrakan Dengan Jet Tempur Rusia di Suriah

Layer atau lapis kedua, diisi oleh sebanyak 32 unit rudal Evolved SeaSparrow Missile atau disingkat ESSM dengan jarak jangkau sejauh kurang lebih 50 kilometer. Untuk rudal ESSM ini, dikemas secara Quad Packed dimana satu sel peluncur rudal Vertical Launch System atau VLS Mk.41 dapat diperlengkapi dengan 4 unit rudal ESSM. Jumlah keseluruhan sel peluncur rudal Mk.41 di kapal – kapal perang kelas Sachsen mencapai 32 unit peluncur, sebanyak 24 unit digunakan untuk menampung rudal SM-2 Block III A, sementara 8 unit sisanya digunakan untuk menampung 32 unit rudal ESSM.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

radar APG 1

Helikopter AH-64D Apache Longbow Mengusung Radar AN/APG-78

0
HobbyMiliter.com – Helikopter AH-64D Apache Longbow Mengusung Radar AN/APG-78. Melalui program FMS (Foreign Military Sales) yang dikeluarkan tahun 2012 lalu, Indonesia akan kedatangan 8...

Recent Comments