Friday, June 24, 2022
HomeAlutsistaKapal PerangMengenal Sachsen Si Fregat Garang Dari Jerman

Mengenal Sachsen Si Fregat Garang Dari Jerman

Mengenal Sachsen Si Fregat Garang Dari Jerman – HobbyMiliter.com – Mendengar nama Sachsen mungkin sebagian anda akan merasa asing. Namun bagi antusias militer yang paham betul akan nama Sachsen di dunia Angkatan Laut, tentu akan merekomendasikan kapal ini bagi pemenuhan kebutuhan “Real Fregat” untuk TNI Angkatan Laut. HobbyMiliter kali ini membawakan seklumit kisah dibalik nama besar Sachsen sebagai sebuah kapal perang jenis Fregat andalan Deutsche Marine (Angkatan Laut Jerman).

Sejarah Singkat Pengembangan Fregat Sachsen

Paska reunifikasi Jerman Barat dan Jerman Timur, Jerman melanjutkan kembali program pembangunan kekuatan Angkatan Laut nya yang kala itu masih bernama Bundesmarine. Konsep awal pembangunan kekuatan tempur milik Angkatan Laut Jerman ini berpusat pada pembangunan kapal – kapal perang jenis Perusak (Destroyers) dan jenis Fregat.

Sachsen F124 merupakan kapal perang jenis Fregat yang kedua yang didesain setelah pada awalnya Jerman mendesain dan memproduksi kapal perang jenis Fregat kelas Brandenburg F123 pada awal 1990-an. Pemerintah Jerman mulai memesan Sachsen F124 pada thun 1996 sebanyak tiga unit kapal dengan opsi tambahan unit ke empat yang kemudian tidak dilanjutkan akibat rencana Angkatan Laut Jerman mengembangkan kapal Fregat jenis baru kelas Baden Wurttemberg F125.

BACA JUGA :  [VIDEO] Sukhoi T-50 PAK FA Ujicobakan Meriam Otomatis 30mm

Kapal pertama dari kelas ini, diberi nama FGS Sachsen dengan nomor lambung F219, kapal kedua diberi nama FGS Hamburg dengan nomor lambung F220, kapal terakhir diberi nama FGS Hessen dengan nomor lambung F221.

Sachsen Meluncurkan Rudal ESSM
FGS Sachsen Meluncurkan Rudal ESSM.
Sumber : seaforces

Secara umum, meski dikategorikan sebagai kapal perang jenis Fregat oleh Angkatan Laut Jerman, namun sejatinya dengan bobot benaman 5.800 ton dan kemampuan anti kapal permukaan, anti kapal selam, serta anti serangan udara, membuat Sachsen dapat disandingkan dengan kapal – kapal perang dari jenis Perusak atau Destroyer.

BACA JUGA :  GDELS Tampilkan Tank Medium ASCOD MMBT Di Eurosatory 2018

Unit pertama dari kapal Fregat rasa Destroyer ini mulai berdinas secara resmi di Angkatan Laut Jerman pada akhir tahun 2003. Unit terakhir dari kapal perang kelas Sachsen ini mulai masuk dalam layanan dinas resmi Angkatan Laut Jerman pada tahun 2006. Tujuan utama pembuatan kapal perang kelas Sachsen ini ialah untuk menggantikan kapal perang dari jenis Perusak atau Destroyer kelas Lutjens yang telah berdinas di tubuh Angkatan Laut Jerman selama kurang lebih 30 tahun.

Sachsen, Fregat Rasa Destroyer

FGS Hamburg Saat Melaksanakan Pelayaran.
FGS Hamburg Saat Melaksanakan Pelayaran.
Sumber : shipsandharbours

Sachsen merupakan kapal perang yang dikategorikan sebagai Fregat dalam jajaran Angkatan Laut Jerman. Meski demikian, ukuran kasat mata dan begitu besarnya kemampuan yang dimiliki kapal perang ini menjadikannya sejajar dengan kapal perang jenis Destroyer dari negara lain.

Sebut saja bobot benaman yang sangat besar untuk ukuran kapal perang sekelas Fregat pada umumnya. Tak tanggung – tanggung, 5.800 ton bobot benaman kapal ini. Bandingkan dengan bobot benaman dari kapal perang jenis Fregat terbaru dalam tubuh TNI Angkatan Laut, kelas R.E Martadinata yang memiliki bobot benaman “hanya” 2.365 ton saja.

BACA JUGA :  HUT TNI 2016 Tidak Akan Diramaikan Dengan Parade Alutsista

Untuk meriam utama, kapal – kapal perang dari jenis Sachsen diperlengkapi dengan meriam utama Oto Melara kaliber 76 milimeter. Eits, jangan tertipu dengan kaliber meriam nya lho. Sachsen diperlengkapi dengan sistem pertahanan anti serangan udara yang unik dimana ia memiliki 3 lapis pertahanan anti serangan udara berbasis rudal. Lapis pertama, merupakan lapisan rudal anti serangan udara jarak jauh atau dalam istilah kekinian nya disebut Long Range Area Defense Component, terdiri dari kurang lebih 24 unit rudal Standard Missile atau SM-2 Block III A dengan jarak jangkau maksimal hingga 167 kilometer.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

25-tiongkok-peringatkan-jepang-keluar-dari-sengketa-laut-cina-selatan

Tiongkok Peringatkan Jepang: Anda Tidak Punya Hak Atas Laut Cina Selatan

0
Hobbymiliter.com - Hari Minggu (24/7), Tiongkok meminta kepada Jepang untuk ‘menahan diri’ dan tidak mengintervensi sengketa Laut Cina Selatan, karena tidak terkait secara langsung...

Recent Comments