Thursday, March 28, 2024
HomeRoyal Air Force Inggris Cegat Pengebom Tupolev Tu-160 Rusia di Atlantik

Royal Air Force Inggris Cegat Pengebom Tupolev Tu-160 Rusia di Atlantik

Hobbymiliter.com – Pesawat pengebom Tupolev Tu-160 Blackjack milik AU Rusia kerap melakukan misi perjalanan panjang di udara. Entah itu sebatas latihan atau operasi militer. Jalur dirgantara Atlantik kerap menjadi pilihan utama bagi jet-jet ini, dimana pihak Rusia diwajibkan untuk melapor kepada negara-negara NATO di wilayah utara dan barat Eropa.

Beberapa waktu yang lalu, AU Inggris (Royal Air Force) mendeteksi adanya keberadaan dua unit pesawat pengebom berkemampuan nuklir yang terbang di wilayah udara internasional dekat kepulauan terpencil mereka. Royal Air Force langsung melakukan Quick Reaction Alert (QRA) dengan meluncurkan dua Eurofighter Typhoon untuk mencegat dan menggiring dua pesawat pengebom tersebut.

BACA JUGA :  Ahli Perang: Rudal Balistik Kapal Selam Korut Siap Beroperasi 2018

Dua unit Typhoon (kode nama Y5R11 dan Y5R12) yang bermarkas di Pangkalan Udara RAF Lossiemouth ditugaskan untuk menggiring kedua Blackjack untuk keluar menuju wilayah barat laut pulau Britania. Kedua pesawat pencegat tersebut dibantu oleh tanker Voyager dari Pangkalan Udara Brize Norton, serta pesawat peringatan dini Boeing E-3D Sentry dari Pangkalan Udara Waddington.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Amerika Pinjamkan Senjata Nuklir Ke Anggota NATO, Termasuk Turki

Amerika Pinjamkan Senjata Nuklir Ke Anggota NATO, Termasuk Turki

31
Amerika Pinjamkan Senjata Nuklir Ke Anggota NATO, Termasuk Turki - HobbyMiliter.com. Dalam membangun sebuah kekuatan penggentar bersenjata nuklir, mulai tahun 1957 diputuskan bahwa Amerika...

Recent Comments