Friday, April 19, 2024
HomeRoyal Air Force Inggris Cegat Pengebom Tupolev Tu-160 Rusia di Atlantik

Royal Air Force Inggris Cegat Pengebom Tupolev Tu-160 Rusia di Atlantik

14-inggris-cegat-pengebom-tupolev-tu-160-rusia-2
Gambar tangkapan kamera Eurofighter Typhoon RAF yang menunjukkan posisi Tupolev Tu-160 Blackjack. Sumber: The Aviationist

Tidak jelas kemana arah tujuan kedua pesawat pengebom Rusia tersebut setelah mendekati wilayah selatan kepulauan Inggris. Kemungkinan keduanya digiring oleh jet pencegat milik negara NATO lainnya hingga ke Samudera Atlantik.

Pada 19 dan 20 November 2015, dua pesawat pengebom serupa pernah diluncurkan dari Pangkalan udara Olenegorsk menuju ke arah barat wilayah Norwegia dan Inggris. Keduanya kemudian digiring oleh jet tempur RAF dan RNoAF hingga perairan Atlantik. Tu-160 Blackjack tersebut diketahui melewati Selat Gilbraltar dan terus merangsek ke laut Mediterania. Disana, mereka dikawal oleh tiga unit jet tempur Sukhoi Su-30SM yang bermarkas di Latakia, Suriah barat. Pesawat tersebut kemudian tiba disana lalu meluncurkan rudal jelajah ke arah target musuh pemerintah Suriah. Selesai menjalankan misi, Tu-160 Blackjack tersebut pulang melewati wilayah Irak, Iran, dan Laut Kaspia.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

ROKAF E-737 Peace Eye

Korea Selatan Akan Membeli Dua Unit Pesawat Peringatan Dini Peace Eye

0
HobbyMiliter.com - Korea Selatan akan kembali membeli 2 unit pesawat peringatan dini Boeing E-737 AEW&C untuk menambah kekuatan yang sebelumnya hanya 4 unit pesawat. Demikian...

Recent Comments