Saturday, October 24, 2020
Home Apa Hebatnya Microdrone MD4-1000 Pilihan Satuan Elite TNI Ini?

Apa Hebatnya Microdrone MD4-1000 Pilihan Satuan Elite TNI Ini?

Hobbymiliter.com – UAV (Unmanned Aerial Vehicle), atau lebih dikenal dengan istilah drone, merupakan sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri, menggunakan hukum aerodinamika untuk mengangkat dirinya, bisa digunakan kembali dan mampu membawa muatan, mulai dari alat perekam atau kamera pengintai hingga senjata maupun muatan lainnya.

Selain drone dalam wujud pesawat terbang, drone model helikopter mini akan mengambil peran signifikan, terlebih dalam urusan intai mengintai di area rimba beton. Dan salah satu model drone quadcopter yang dilirik satuan elite TNI adalah Microdrone MD4-1000 buatan Jerman yang dikustomisasi oleh PT Bhineka Dwi Persada (BDP).

BACA JUGA :  Tank AMX13 Kodam Brawijaya Pindah Rumah Ke Kodam Tanjung Pura

Pertama kali dikenalkan di hadapan publik dalam pameran Indo Defence 2014 di Kemayoran, Jakarta Pusat, drone jenis quadcopter VTOL (vertical take off and landing) ini dibalut material body warna putih. Dan dari segi fungsinya, Microdrone MD4-1000 ini tak beda jauh dengan drone heli komersial yang biasa digunakan para penghobi drone.

Namun karena diperuntukkan untuk misi militer, maka Microdrone MD4-1000 ini dirancang tahan terhadap gangguan debu dan air (IP43 protection), suhu yang ekstrim dapat diantisipasi dengan rentang temperatur -10 sampai 50 derajat celcius.

BACA JUGA :  KRI Oswald Siahaan 354, Kapal Legendaris TNI AL

Microdrone MD4-1000 Milik Tim SAR Jerman
Microdrone MD4-1000 Milik Tim SAR Jerman

Microdrone MD4-1000 Milik Kepolisian Jerman
Microdrone MD4-1000 Milik Kepolisian Jerman

Drone yang juga digunakan oleh Tim SAR dan Kepolisian Jerman ini dibekali tenaga dari baterai 6S2P LiPo, 22.2V berkapasitas 13000 mAh, yang membuat drone ini mampu terbang dengan endurance hingga 90 menit. Kecepatan terbangnya 12 meter per detik, dan kecepatan menanjak 7,5 meter per detik. Dengan kendali lewat remote control, drone dapat terbang sampai 500 meter, namun dengan teknik waypoint GPS (Global Positioning System) jarak jangkau bisa hingga 40 km.

Selain mendapat order untuk pengadaan 10 unit quadcopter (quadrotor) Microdrone MD4-1000 untuk TNI AL, PT BDP di Singapore Air Show 2016 lalu juga mendapat order pengadaan drone helikopter Rajawali 350 untuk Bakamla dan drone pesawat Rajawali 330 untuk TNI AD.

BACA JUGA :  Iran Berencana Beli Tank T-90 Dari Rusia Demi Mengembangkan Tank Sendiri

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Beli Ngeteng, Cara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF - HobbyMiliter.com. Dalam diskusi diskusi di forum forum militer online maupun di grup grup militer di Facebook,...

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia - HobbyMiliter.com - Meski telah jutaan tahun membalut Bumi, belum seluruh bagian atmosfer bisa...

Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an - HobbyMiliter.com. Perang Soviet di Afghanistan berlangsung selama lebih dari sembilan tahun....

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet - HobbyMiliter.com. Pada saat persiapan operasi Trikora dalam rangka perebutan Irian Barat (sekarang Provinsi...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua