Wednesday, March 27, 2024
HomeDitentang Baghdad, Turki Bersikeras Tempatkan Tentaranya di Irak

Ditentang Baghdad, Turki Bersikeras Tempatkan Tentaranya di Irak

Tank dan pasukan Turki menyeberangi provinsi Sirnak yang berbatasan dengan utara Irak. Sumber: Reuters
Tank dan pasukan Turki menyeberangi provinsi Sirnak yang berbatasan dengan utara Irak. Sumber: Reuters

Sedangkan parlemen Irak menuduh tentara Turki sebagai “pasukan penjajah.” Sedangkan Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi mengungkapkan kekhawatirannya akan terjadinya “perang regional.”

Namun pernyataan Irak dianggap sebagai angin lalu oleh Turki.

“Mereka tidak punya hak untuk berbicara seperti itu. Ketika tentara dari 63 negara ada di wilayah Irak, mengapa mengapa harus fokus soal kehadiran pasukan kami?,” kata Yildirim.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan keberadaan Turki di Irak adalah untuk memperbaiki stabilitas dan keamanan Baghdad.

BACA JUGA :  General Dynamics Tampilkan Prototype Kendaraan Tempur Griffin Dengan Meriam 120 Milimeter

“Sudah barang tentu kami tidak ingin beradu mulut secara kasar dengan Irak, namun jika Tuhan berkehendak, pemerintah Irak akan mengerti secepatnya,” kata Cavusoglu dalam sebuah konferensi pers di Ankara, Kamis, 6 Oktober.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

2 COMMENTS

  1. Tambah ruwet nih timteng. Jgn2 skenario yg ditulis di novel fiksi the negosiator ( f. Forsyth ), bakal terjadi, biarpun ga sama persis. All about oil.

    • sebenernya niatan Turki mau merangsek masuk ke Irak itu bukan cuma semata-mata mau ngusir ISIS… tapi menekan orang Kurdistan yang berafiliasi sama PKK… satu tembakan dua burung yang jatuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

F-4 Phantom vs MiG-21

Kisah F-4 Phantom vs MiG-21 di Perang Vietnam

0
Kisah F-4 Phantom vs MiG-21 di Perang Vietnam - HobbyMiliter.com. Dia adalah Letnan Randall “ duke “ Cunningham jr. Dia adalah salah satu dari...

Recent Comments