Thursday, March 28, 2024
HomeBlog MiliterDuterte: Latihan Gabungan AS-Filipina Pekan Ini Akan Jadi Yang Terakhir

Duterte: Latihan Gabungan AS-Filipina Pekan Ini Akan Jadi Yang Terakhir

Hobbymiliter.com – Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan latihan militer gabungan antara Filipina dan AS yang dijadwalkan berlangsung hingga pekan depan, akan menjadi yang terakhir diantara keduanya.

Duterte mengatakan Filipina tetap akan menghormati pakta-pakta pertahanan yang telah mereka tandatangani bersama Pentagon, namun tidak akan ambil bagian untuk berpatroli di Laut Cina Selatan bersama AS dan sekutu-sekutunya. Hal tersebut merupakan upaya Duterte untuk menjauhkan Filipina dari konflik Washington dan Beijing.

Latihan pendaratan amfibi tahunan yang rutin digelar oleh Filipina dan Amerika Serikat sudah dimulai, tepatnya pada Selasa, 4 Oktober kemarin. Latihan ini akan berlangsung selama sembilan hari (berakhir pada hari Kamis, 13 Oktober pekan depan) dengan mengambil tempat di utara Pulau Luzon.

BACA JUGA :  Rudal Tomahawk Akan Perkuat USMC

“Sekarang saya ingin membuat pemberitahuan kepada Amerika dan semua yang ada di sekelilingnya: bahwa saya akan mempertahanankan persekutuan militer kita, karena ada traktat yang mengatur kerjasama antara AS dan Republik Filipina di tahun 50-an. Namun, saya akan mengembangkan persekutuan baru di bidang perdagangan dan jual-beli,” kata Duterte.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Recent Comments